Unduh Aplikasi

Kepala BPBA Tinjau Lokasi Pembangunan Masjid Bantuan Masyarakat Aceh di Palu

Kepala BPBA Tinjau Lokasi Pembangunan Masjid Bantuan Masyarakat Aceh di Palu
Kepala BPBA, Teuku Ahmad Dadek menjelaskan bentuk masjid yang akan dibangun di Palu. Foto: Ist

PALU - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh, T Ahmad Dadek, meninjau lokasi Masjid Nurul Hasanah di Kota Palu, Selasa (22/1), sekaligus melakukan presentasi mengenai DED atau desain bangunan mesjid yang akan dibangun kembali pasca gempa dan tsunami yang terjadi di Palu 28 September 2018 silam.

Masyarakat di Kelurahan Pengawu, Kecamatan Tatanga, Kota Palu, sangat antusias menghadiri presentasi yang dilaksanakan di bangunan mesjid sementara dan menyambut baik desain yang ditampilkan.

Yang hadir dalam pertemuan tersebut antara lain perwakilan dari Pemerintah Kota Palu yaitu Kabag Kesejahteraan, Kabid BPBD Provinsi NTB, Rektor Universitas Al Khairat, imam masjid serta imam-iman masjid lain yang ada di Kelurahan Pengawu, serta masyarakat sekitar.

Peletakan batu pertama masjid ini rencananya akan dilakukan pada 12 Februari 2019 oleh Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah. Masjid dengan luas 20 x 20 meter ini akan dibangun dengan material dari beton pada bagian bawah dan kayu untuk bagian atap.

Desain dibuat dengan melihat beberapa fungsi, yang pertama dilihat dari fungsi masjid sebagai tempat beribadah dan melakukan kajian-kajian serta tempat sosial warga, juga desain masjid dibuat dengan melihat aspek kesiapsiagaan menghadapi bencana.

Selain untuk kenyamanan beribadah, masjid ini dirancang agar menjadi tempat yang aman dan kuat dari gempa. Masjid ini juga nantinya dapat dijadikan sebagai pusat mitigasi bencana.

Desain masjid merupakan refleksi dari tiga bangunan yaitu bangunan tradisional Tambo dan Lobo dari Sulawesi Tengah serta Rumah Aceh dari Aceh, sehingga terbentuklah desain masjid yang atapnya gabungan dari bentuk ketiganya.

Desain luar masjid akan dilengkapi dengan ruang publik seperti taman yang asri dan tempat parkir, serta tangga yang ramah untuk masyarakat yang disabilitas maupun yang sudah berumur.

Imam masjid mengucapkan terimakasih atas bantuan masyarakat Aceh untuk membangun kembali masjid Nurul Hasanah karena mesjid ini merupakan pusat kegiatan ibadah serta sosial budaya masyarakat kelurahan Pengawa.

Terakhir Ahmad Dadek menyampaikan agar kiranya nanti dalam proses pembangunan, masyarakat ikut serta dalam pengawasannya.

“Nantinya masyarakat sekitar juga akan dilibatkan dalam proses pembangunan dan juga dengan tujuan untuk menyerap tenaga kerja masyarakat” ujar Dadek.

Kyriad Muraya Hotel Aceh

Komentar

Loading...