Unduh Aplikasi

Kementan Sebut Indonesia Urutan 4 Negara Termiskin di Dunia

Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian (Sekjen Kementan) Hari Priyono mengungkapkan, persentase penduduk miskin di Indonesia mencapai sebelas persen dari total penduduk 270 juta jiwa. Dari jumlah itu, menempatkan posisi Indonesia berada di urutan ke empat sebagai negara termiskin di dunia.

Hal itu diungkapkan Hari Priyono saat membuka peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) XXXV di Jakabaring Sport Center Palembang, Sabtu (17/10).

Menurut dia, Indonesia mengadakan HPS sebagai penggerak ekonomi untuk kedaulatan pangan. Secara global, 75 persen masyarakat miskin terdapat di negara berkembang, khususnya pedesaan. Diperlukan pembangunan pertanian pedesaan sehingga penduduk miskin dapat berkurang secara nyata.

"Ada sekitar sebelas persen penduduk Indonesia miskin dari 270 juta jiwa. Nah, kita ada di urutan ke empat di dunia sebagai negara termiskin," ungkap Hari.

Oleh karena itu, saat ini Indonesia tengah fokus memberikan pangan yang cukup dan terjangka dengan bertumpuh pada kemandirian pasokan dalam negeri. Ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan dan selera masyarakat miskin.

"HPS merupakan seruan kepada dunia untuk memberikan perhatian dan akses pangan dan sumber daya alam dalam memberikan kesejahteraan dan kemandirian," ujarnya.

Selain itu, program swasembada pangan juga harus digenjot dengan kerja keras para petani, pemerintah daerah, termasuk juga dari TNI/Polri.

"Ini sudah berhasil dari catatan BPS (Badan Pusat Statistik). Ini kita genjot terus," pungkasnya.

MERDEKA

Komentar

Loading...