Unduh Aplikasi

Kemenkumham Aceh Usulkan 4.404 Narapidana Dapat Remisi Kemerdekaan

Kemenkumham Aceh Usulkan 4.404 Narapidana Dapat Remisi Kemerdekaan
Foto: Ist

BANDA ACEH - Kementerian Hukum dan HAM Aceh telah mengusulkan 4.404 narapidana yang menjalani hukuman di  Rumah Tahanan dan Lembaga Pemasyarakatan untuk mendapatkan remisi atau pengurangan masa tahanan di hari Kemerdekaan.

Kepala divisi pemasyarakatan Kemenkumham Aceh, Nirhono Jatmokoadi menyebutkan usulan tersebut telah diserahkan kepada Direktur Jenderal  Pemasyarakatan (Dirjen PAS) perihal pelaksanaan pemberian remisi umum bagi wargabinaan pemasyarakatan di Aceh.

"Surat pengusulan remisi telah kita kirim untuk dilakukan verifikasi, jika disetujui Dirjen PAS kemudian menetapkan pemberian remisi kepada narapidana yang bersangkutan," kata Nirhono, Kamis (13/8).

Narapidana yang diusulkan mendapatkan remisi mulai satu bulan hingga enam bulan. Napi yang mendapatkan pengurangan masa hukuman ini adalah yang berkelakuan baik dan disiplin selama menjalani masa hukuman serta memenuhi syarat lainnya. Selain itu, Kemkumham Aceh juga telah mengusulkan 48 narapidana dapat remisi bebas.

"Upacara pemberian remisi nantinya dilakukan di Lapas kelas II A Banda Aceh pada 17 Agustus 2020," ucapnya.

Ia juga menyebutkan usulan terbanyak dari Lapas kelas II A Banda Aceh dengan jumlah 479 narapidana serta Lapas kelas II A Lhokseumawe dengan usulan remisi 318 orang.

"Diharapkan pemberian remisi dapat mengurangi tingkat hunian lapas. Sehingga over kapasitas dapat dikurangi," ungkapnya.

Komentar

Loading...