Unduh Aplikasi

Kemenkumham Aceh Usul 27 Narapidana Dapat Remisi Natal

Kemenkumham Aceh Usul 27 Narapidana Dapat Remisi Natal
Narapidana di Lapas II A Banda Aceh. Foto: AJNN/Tommy

BANDA ACEH - Kementerian Hukum dan HAM Aceh mengusulkan 27 Narapidana yang menjalani pembinaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) di Aceh untuk mendapatkan remisi Natal 2020.

Kepala Divisi Pemasyarakatan, Nirhono Jatmokoadi menyebutkan usulan tersebut diserahkan ke Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS) perihal pelaksanaan pemberian remisi khusus Natal bagi narapidana di Aceh yang non muslim.

"Pengusulan remisi dikirimkan ke Dirjen PAS kemudian penetapan pemberian remisi kepada napi," kata Nirhono, Sabtu (12/12).

Nirhono menyebutkan, mereka yang diusulkan mendapatkan remisi mulai dari 15 hari, satu bulan hingga dua bulan. Napi yang mendapatkan pengurangan masa hukuman ini adalah telah memenuhi persyaratan.

"Yang paling banyak mengusulkan remisi khusus Natal yakni Lapas kelas II B Kutacane sebanyak 16 orang, sedangkan Lapas kelas II A Banda Aceh mengusulkan tiga orang, Lapas Blangkejeren dua orang," sebut Nirhono.

Sedangkan Lapas Meulaboh, Lapas Langsa dan Lapas Sigli, lanjut Nirhono masing-masing mengusulkan satu orang untuk mendapatkan remisi Natal tahun ini.

"Untuk Rutan Banda Aceh, Sabang dan Bener Meriah juga mengusulkan masing-masing satu orang untuk tahun ini," kata Nirhono.

Pemberian remisi ini akan diberikan saat hari H, yakni pada 25 Desember, remisi khusus diberikan pada hari besar keagamaan sesuai dengan agama yang dianut oleh narapidana. 

 

Komentar

Loading...