Unduh Aplikasi

Kemendagri Tunjuk Puskulatif Pelaksana Bimtek Agara

Kemendagri Tunjuk Puskulatif Pelaksana Bimtek Agara
Surat Kemendagri terkait penunjukan Puskulatif sebagai Pelaksana Bimtek Agara. Foto: Dok AJNN

BANDA ACEH - Direktorat Jendral Kementerian Dalam Negeri, ternyata yang menunjuk pihak ketiga untuk melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) aparat desa Aceh Tenggara di Medan, Sumatera Utara.

Adapun pihak ketiga yang ditunjuk oleh Kemendagri yakni lembaga Pusat Study Pengembangan Eksekutif dan Legislatif Indonesia (Puskulatif). Hal itu tercantum dalam surat yang dikirimkan Kemendagri ke Bupati Agara, Raidin Pinim.

Surat 29 September 2020 itu, merupakan surat balasan atas surat sebelumnya yang dikirimkan oleh Pemkab Agara, pada tanggal 23 September 2020. 

Baca: Kuras Dana Desa, 1.320 Perangkat Desa Agara Bimtek di Hotel Berbintang

Dalam surat yang diteken oleh Sekretaris Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri, Mohammad Rizal menjelaskan berdasarkan hasil koordinasi dengan Dinas PMD Kabupaten Aceh Tenggara dan memperhatikan surat dari Lembaga Kajian Kebijakan Peningkatan Kapasitas Pemerintahan Desa, maka untuk pelaksanaan bimbingan teknis (Bimtek)di Aceh Tenggara akan dilaksanakan oleh Puskulatif.

Surat Kemendagri terkait penunjukan Puskulatif sebagai Pelaksana Bimtek Agara. Foto: Dok AJNN

Kemudian, pihaknya juga bersedia memfasilitasi kegiatan tersebut dengan ketentuan narasumber dan materi serta keluaran (Output) bimtek menjadi tanggung jawab pihaknya (Direktoral Jenderal Bina Pemerintahan Desa).

Untuk menyelesaikan Rancangan Peraturan Bupati Agara, Kemendagri juga meminta kepada Pemkab Agara untuk menghadirkan bagian hukum dan Dinas PMD Provinsi Aceh serta Dinas PMD Aceh Tenggara.

Terakhir, Kemedagri meminta Pemkab Agara untuk menyampaikan surat permohonan fasilitasi narasumber yang disertai pengaturan waktu pelaksanaan, tempat dan jumlah peserta ke Kemendagri.

|JAPARUDDIN

Komentar

Loading...