Unduh Aplikasi

Kembangkan Program CSR, Aceh Barat Peroleh Penghargaan Sinovik

Kembangkan Program CSR, Aceh Barat Peroleh Penghargaan Sinovik
Kepala Bappeda Aceh Barat, Teuku Ahmad Dadek saat menerima penghargaan sinovik dari Menpan RB.
ACEH BARAT - Kabupaten Aceh Barat berhasil memperoleh penghargaan Innovasi Pelayanan Publik dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negera Dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), dengan program Coorporate Responsibility Social (CSR) untuk rakyat.

Kepala Badan Perencanaan Dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Aceh Barat, Teuku Ahmad Dadek, Kamis (31/3) mengatakan, Aceh Barat berhasil masuk dalam top ninenty nine (99) inovasi pelayanan publik sebagai juara kategori dua menyangkut dengan kegiatan CSR.

"Penghargaan tersebut kami peroleh tadi yang langsung diserahkan oleh Kemenpan RB, dengan prestasi kita berhasil membuat inovasi program mengembangkan CSR untuk rakyat,” kata dia.

Kegiatan penyerahaan penghargaan yang diawali dengan simposium dan gelar innovasi pelayanan publik yang diselenggarakan 31 Maret sampai dengan 1 April 2016 itu, kata dia, ada 40 kabupaten yang terpilih dalam program inovasi pelayanan publik dari 1000 lebih jumlah inovasi yang ditawarkan sebelumnya.

Sedangkan untuk tingkat provinsi, jelasnya, ada 25 provinsi yang memperoleh, 5 kelembagaan, 11 kementrian, 13 kota dan 5 BUMN.

"Dari Aceh hanya ada 2 yang masuk dalam penganugrahan penghargaan ini yaitu Aceh Barat dan satu lagi Polres Aceh Besar dengan inovasi pelayanan SKCK keliling,”ungkapnya.

Dengan terpilihnya program CSR untuk rakyat sebagai inovasi publik terbaik nasional kategori dua, dia berharap ini bisa menjadi motivasi untuk seluruh perangkat pemerintah di Kabupaten Aceh Barat agar dapat melahirkan program dan kegiatan yang inovatif dan mampu memberikan dampak secara langsung kepada masyarakat.

Lebih lanjut Kepala Bappeda Aceh Barat ini menyebutkan, masih banyak persoalan daerah yang membutuhkan ide dan inovasi yang tepat guna menghasilkan solusi mengatasi persoalan yang ada.

"Kita juga perkenalkan atraksi cara meracik kopi khop sebagai salah satu jenis kopi yang sudah populer di Aceh dan ikut populer ditingkat nasional,”sebutnya.

Sementara itu, Bupati Aceh Barat, Teuku Alaidinsyah, penghargaan yang didapatkan karena Aceh Barat berhasil memfasilitasi perusahaan-perusahaan di kabupaten dalam penyaluran CSR, yang selama ini dinilai berjalan sendiri-sendiri.

Bahkan, jelas Haji Tito--sapaan Alaidinsyah, untuk mengatur adanya penyaluran CSR yang berpihak pada pembangunan, pihaknya juga telah mengeluarkan Qanun Nomor 10 Tahun 2015 Tentang Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Terhadap Lingkungan.

"Tapi yang jelas ada sebuah sinergilah antara pemerintah dengan perusahaan dalam sebuah forum CSR,” ungkapnya.

Komentar

Loading...