Unduh Aplikasi

Kematian Ibu dan Bayi, Gubernur Aceh Ambil Tindakan Tegas

Kematian Ibu dan Bayi, Gubernur Aceh Ambil Tindakan Tegas
Zaini Abdullah berdiskusi dengan Dirut RSIA, Erni Ramayani, saat melakukan inspekti mendadak ke rumah sakit tersebut.
BANDA ACEH - Gubernur Aceh, Zaini Abdullah berang terhadap kejadian meninggalnya ibu dan anak yang diduga tidak mendapatkan pelayanan dari pihak Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Banda Aceh. Abu Doto--sapaan Zaini Abdullah langsung melakukan inspeksi mendadak ke rumah sakit tersebut, Rabu (30/3).

Kemarin, Suryani dan bayinya meninggal dunia di Rumah Sakit Zainoel Abidin usai mendapat rujukan dari RSIA. Selama di RSIA, Suryani tak mendapatkan pelayanan dan terkatung-katung selama berjam-jam. Menjelang tengah malam kemarin, Suami Suryani akhirnya mendapatkan surat pengantar dan menjalani operasi caesar di Zainoel Abidin. Sayang, nyawa Suryani dan bayinya yang berada didalam kandungan tak tertolong.

Abu Doto usai melakukan pertemuan tertutup dengan Direktur RSIA, Erni Ramayani mengatakan, dirinya akan mengambil tindakan tegas terkait dengan hilangkan dua nyawa manusia tersebut.

Selain itu, Abu Doto juga sudah memerintahkan pihak rumah sakit melakukan audit medis untuk mengetahui kronologi kejadian yang diduga akibat kelalaian pihak rumah sakit. "Saya akan ambil tindakan tegas apabila terbukti pihak rumah sakit lalai dalam memberikan pelayanan kepada pasien," kata Abu Doto.

Namun, dirinya enggan berkomentar lebih panjang dan akan menunggu hasil rekam medis yang akan dilakukan oleh pihak rumah sakit. "Saya dengar rumah sakit ini ada tim komite medik, jadi kita tunggu saja hasil selanjutnya, tapi saya juga akan mendengarkan informasi-informasi dari pihak luar, untuk menjadi bahan pertimbangan saya ketika mengambil kebijakan," jelas Abu Doto.

Ketika ditanyai adanya konflik masalah jasa medis yang tidak dibayar oleh pihak rumah sakit, Abu Doto yang sudah mendeklarasikan diri sebagai calon Gubernur Aceh pada 2017 nanti mengatakan, tidak ada permasalahan dengan jasa medis.

"Ingat, setiap perawat, dokter yang sudah dibayar harus bekerja secara maksimal. Kita sudah diberi tanggungjawab, jadi bekerjalah secara serius untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat," tegasnya.

Komentar

Loading...