Unduh Aplikasi

Kemarau Landa Aceh Barat, Sejumlah Sumur Warga Kering

Kemarau Landa Aceh Barat, Sejumlah Sumur Warga Kering
Ilustrasi. Foto: Net

ACEH BARAT - Kekeringan akibat kemarau panjang mulai terjadi di Kecamatan Arongan Lambalek, Kabupaten Aceh Barat, sejak sepekan terakhir ini.

Saat ini dilaporkan, sumur-sumur warga di kecamatan setempat mulai kering, begitu juga dengan areal persawahan warga terutama saluran air di areal persawahan.

Warga Desa Seuneubok, Teuku Kasman, mengatakan akibat kekeringan tersebut saat ini warga kesulitan air bersih untuk kebutuhan nencuci, mandi dan K
Kakus (MCK),  maupun kebutuhan memasak.

Untuk bisa mendapatkan air bersih, warga terpaksa membesihkan sumur hingga menggali sumur yang baru.

"Kekeringan mulai terjadi sejak sebulan terakhir namun terparah terjadi sejak sepekan ini. Terkadang warga terpaksa mengendap timba dalam sumur guna menampung air," kata Kasman, kepada AJNN, Senin (9/3) malam.

Dikatakannya, selain mengendapkan air di dalam sumur, warga juga mencari sumber air di tempat tetangga atau sanak saudara mereka yang masih ada sumber air.

Warga di kecamatan tersebut, kata dia, juga mencari air hingga ke pedalaman guna mendapatkan air bersih dalam menangani kebutuhan air bersih untuk kehidupan sehari-hari.

"Kami butuh perhatian pemerintah untuk mengatasi kekeringan ini, sehingga kami bisa mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari," ungkap Kasman.

Kasman menyebutkan, disana telah ada saluran PDAM yang terletak di gampong tetangga yakni Gampong Teupin Peuraho yang dimulai dari Leubok Pasi Ara, Kecamatan Woyla Barat. Cuma intalasinya belum tersalurkan keseluruh wilayah yang ada di desa-desa di Kecamatan Arongan Lambalek.

Komentar

Loading...