Unduh Aplikasi

Kelulusan SNMPTN SMA/SMK Aceh Utara Meningkat 52 Persen

Kelulusan SNMPTN SMA/SMK Aceh Utara Meningkat 52 Persen
Ilustrasi. Foto: Net

ACEH UTARA- Jumlah siswa SMA/SMK Kabupaten Aceh Utara yang lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2020 meningkat dratis dibandingkan tahun- tahun sebelumnya.

Tahun lalu, siswa yang lolos ke perguruan tinggi negeri melalui jalur prestasi akademik tersebut sebanyak hanya 316 orang, sementara tahun ini mencapai 484 orang atau mengalami peningkatan sebesar 52 persen. Peningkatan ini melampaui persentase kelulusan tingkat Provinsi yaitu 42 persen.

Hal itu diungkapkan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Aceh Utara, T Aznal Zahri SSTP MSi, di ruang kerjanya, Rabu (15/4/2020). Menurut Aznal, meningkatnya kelulusan siswa melalui jalur SNMPTN ini tidak lepas dari kerja keras dan kerja tuntas semua pihak terutama para kepala sekolah di bawah binaannya.

“Kita sangat bersyukur dengan capaian ini. Tentunya ini bukan kerja satu pihak, tapi banyak pihak yang terlibat di sana, mulai dari kepala sekolah, guru, komite serta orang tua/wali siswa,” jelasnya.

Aznal melanjutkan, tiga sekolah yang siswanya paling banyak lulus melalui jalur SNMPTN ini terdiri dari SMAN 1 Tanah Jambo Aye 53 orang, SMAN 1 Dewantara 47 orang, dan SMAN 1 Muara Batu 29 orang.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dalam siaran pers hari Rabu 8 April 2020 mengumumkan terdapat 5.132 peserta asal Aceh yang berhasil lulus SNMPTN 2020 dari 12.359 siswa SMA/SMK/MA yang mendaftar atau setara dengan 42%. Jumlah tersebut meningkat dari tahun 2019 yang hanya berjumlah 4.226 peserta yang lulus.

Komentar

Loading...