Unduh Aplikasi

Kelompok Tani Alue Kala Tolak Bantuan Bibit, DLKH Aceh Alihkan ke Kelompok Lain

Kelompok Tani Alue Kala Tolak Bantuan Bibit, DLKH Aceh Alihkan ke Kelompok Lain
Ilustrasi. Foto: Net

PIDIE - Pengadaan bibit MPTS (Multile Purpose Trees Seeds) jenis tanaman durian, manggis, duku dan rambutan pada Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Aceh dialihkan untuk kelompok tani lain di Kabupaten Pidie.

Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) DLHK Aceh, Asnawi Ahmad saat dikonfirmasi AJNN melalui selularnya, Kamis (01/11) mengatakan, awalnya bibit MPTS dengan jumlahnya 9500 batang akan didistribusikan kepada kelompok tani Alue Kala 1, Kecamatan Mila, Pidie. Namun mereka menolak untuk menerimanya kerena bibit bukan hasil pencangkokan.

"Permintaan kelompok tani Alue Kala 1, bibit hasil cangkok dan okulasi sementara untuk pengadaan bibit MPTS pada Dinas LHK adalah biji generatif untuk penghijauan hutan," katanya.

Baca: Tak Sesuai Spek, Petani Tolak Bibit Kopi

Karena menolak, lanjut Asnawi, maka bibit tersebut dialihkan untuk kelompok tani Alue Genang Jaya di Gampong Turue Cut, Kecamatan Manee.

"Saat ini bibit tersebut sedang dalam proses pendistribusian oleh rekanan perusahaan Conpinzel, setelah didistribusikan kita akan lakukan PHO (Provisional Hand Over)," cetus Asnawi.

Memang saat itu, kata Asnawi, sebagian bibit sudah layu dan mati ketika hendak didistribusikan kepada kelompok tani Alue Kala 1 hal itu dikarenakan mobil pengangkut bibit tersebut terjungkal ke parit di lokasi perkebunan warga.

"Kita meminta rekanan untuk menggantikan bibit yang baru untuk didistribusikan kembali kepada kelompok tani yang dimaksud, namun saat didistribusikan mereka menolaknya," ujar Asnawi.

Komentar

Loading...