Unduh Aplikasi

Kelapa Muda Bakar, Takjil "Berkhasiat" Yang Mudah Dijumpai di Aceh Barat

Kelapa Muda Bakar, Takjil "Berkhasiat" Yang Mudah Dijumpai di Aceh Barat
Foto: Darmansyah Muda

ACEH BARAT - Kelapa muda bakar atau u teutot dalam bahasa Aceh, merupakan salah satu sajian menu pilihan warga Aceh Barat saat berbuka puasa. Biasanya u teutot sangat mudah dijumpai di Aceh Barat pada bulan Ramadhan. Hampir setiap titik yang menjajakan takjil berbuka, pasti ada penjual u teutot.

Biasanya untuk sebutir u teutot dihargai Rp 7.500. Harga ini sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan harga kelapa muda biasa yang dihargai Rp 5000 per butirnya. Lebih mahalnya harga tersebut dikarenakan proses pemanggangan kelapa itu membutuhkan waktu 1,5 jam hingga 2 jam dalam sebutirnya.

Berdasarkan mitos yang berkembang di tengah masyarakat Aceh Barat u teutot, dipercayai tidak hanya membantu menghilangkan dehidrasi atau kehilangan cairan namun juga memiliki khasiat dalam mengobati penyakit asam lambung dan batuk. Aroma u teutot hampir sama seperti air nira.

Penjual u teutot, Emil, (36) mengaku dirinya selain menjual juga senang mengkonsumsi u teutot. Emil mengatakan dirinya senang mengkonsumsi u teutot, karena memiliki aroma yang harum saat diseruput.

"Dagingnya juga lembut meski tebal. Khasiatnya itu bisa untuk asam lambung dan batuk, makanya saya juga suka mengkonsumsinya," kata Emil.

Menurut Emil, dia pernah mengalami batuk dan mengkonsumsi u teutot, dan dalam waktu dua hari berselang Emil mengaku batuknya hilang. Padahal saat itu ia mengalami batuk berdahak.

Dalam proses pemanggangan u teutot, kata dia, pertama sekali kelapa tersebut dibakar sekaligus dengan kulit serabutnya selama satu jam. Setelah dipastikan kulit serabut mulai mengelupas baru kemudian kulit serabut dibersihkan dari bagian tempurung.

Setelah itu, tempurung bulat kembali dipanggang namun dengan cara diasapi atau disale dalam bahasa Aceh. Biasanya untuk proses mengasapi memakan waktu 30 menit hingga satu jam atau setelah dipastikan daging kelapanya mulai lembut dengan melihat perubahan pada warna tempurung kelapa.

Iklan Kriyad

Komentar

Loading...