Unduh Aplikasi

Kekeringan, Puluhan Hektare Padi di Aceh Utara Terancam Gagal Panen

Kekeringan, Puluhan Hektare Padi di Aceh Utara Terancam Gagal Panen
Kondisi padi di Gampong Cot Dah, Tanah Luas, Aceh Utara. Foto: AJNN/Sarina

ACEH UTARA – Seluas 80 hektare tanaman padi di Gampong Cot Dah, Kecamatan Tanah Luas, Kabuten Aceh Utara, terancam gagal panen. Pasalnya, sejak dua bulan terakhir daerah tersebut dilanda kekeringan.

Amatan AJNN, kekeringan melanda sejumlah gampong di Kecamatan Tanah Luas, hanya saja terkhusus di Gampong Cot Dah tanaman padi sudah berbuah dan memasuki masa panen, akan tetapi kekeringan melanda, sehingga sebagian sudah mulai puso

Salah seorang petani, Sofyan, saat ditemui AJNN mengatakan, kekeringan tersebut mulai terjadi sejak dua bulan lalu, disebabkan kemarau yang berkepanjangan dan minimnya hujan.

“Petani disini mengandalkan sawah pompa air, jadi jika kemarau melanda maka akan mengalami kekeringan dan terancam gagal panen,” katanya, Selasa (17/3).

Lanjut Sofyan, pihaknya mengaku sudah pernah mengusulkan agar dibangun irigasi kepada Pemerintah Aceh Utara, namun hingga saat ini belum mendapatkan respon apapun.

“Jadi kalau mengandalkan mesin pompa air, maka tidak mampu menyuplai ke sawah yang ada di pelosok-pelosok desa,” jelasnya.

Sofyan mengaku, padi yang hampir bisa dipanen tersebut, sebagian sudah mulai puso, dan mereka terancam merugi hingga ratusan juta rupiah. Mengingat juga tanah yang mulai retak dan makin parah.

“Kalau tidak dilanda kekeringan, hasil panen bisa mencapai 1.2 ton, namun jika seperti ini tentunya akan merugi,” jelasnya.

Masyarakat petani di desa itu berharap, supaya Pemkab Aceh Utara bisa membantu disegi saluran, sehingga hasil panen padi pun bagus.

HUT Pijay

Komentar

Loading...