Unduh Aplikasi

Kekeringan, MPU Imbau Warga Lhokseumawe Puasa dan Salat Istisqa

Kekeringan, MPU Imbau Warga Lhokseumawe Puasa dan Salat Istisqa
Ilustrasi. Foto: Net
LHOSEUMAWE - Majelis Permusyawaratan Ulama Lhokseumawe, menghimbau dan menyerukan agar masyarakat untuk berpuasa sunat serta salat istisqa secara berjamaah.

Ketua MPU, Tgk Asnawi mengatakan, kekeringan yang melanda Kota Lhokseumawe, adalah salah satu teguran kecil dari Allah, agar masyarakat disadarkan untuk kembali lebih mendekatkan diri lagi dalam meningkatkan ketaqwaan kepada Allah.

"Dalam agama disebutkan, bila selama 48 hari kemarau tanpa ada hujan. Maka masyarakat dianjurkan untuk melakukan puasa sunat selama tiga hari. Puasa sunat tiga hari, sebagai bentuk penyadaran dan renungan untuk memohon ampunan kepada Allah atas dosa apa yang pernah kita lakukan," kata Tgk Asnawi kepada AJNN, Kamis (31/3).

Setelah melakukan puasa selama tiga hari, kata Asnawi, dilanjutkan dengan salat istisqa secara menyeluruh bagi masyarakat kota Lhokseumawe, tidak hanya untuk orang dewasa, para anak-anak pun hadur disertakan dalam salat istisqa di masjid-meajid dan meunasah.

"Ini adalah bentuk teguran kecil dari Allah. Air adalah sumber kehidupan dari Allah, namun, sekarang kita kesusahan karena air dari hujan itu tidak kunjung turun," ujarnya.

Kamarau panjang yang masih melanda sebahagian wilayah Aceh, jelas Asnawi, menjadi momentum untuk mawas diri dalam memohon ampunan terhadap Allah.

"Saatnya semua masyarakat mawas diri, peka untuk mengakui segala kesalahan dan meninggakan hal-hal yang tidak baik. Agar masyarakat di Aceh, diberi kekuatan dalam melewati masa sulit ini," ujarnya.

Komentar

Loading...