Unduh Aplikasi

Kejati Aceh Sita Rumah Mantan Bupati Simeulue

Kejati Aceh Sita Rumah Mantan Bupati Simeulue
Penyidik Kejati Aceh sedang melakukan penyitaan rumah mantan Bupati Simeulue, Darmili. Foto: AJNN.Net/Rahmat Fajri

BANDA ACEH - Kejaksaan Tinggi (Kejati) Aceh menyita rumah mantan Bupati Kabupaten Simeulue, Darmili yang berada di Lorong Gembira, Neusu Jaya, Kota Banda Aceh, Kamis (27/6).

Pantauan AJNN, saat proses penyitaan berlangsung, Darmili juga ikut datang ke rumah tersebut didampingi kuasa hukumnya dari Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA).

Penyitaan aset anggota DPRK Simeulue yang ada di Banda Aceh itu terkait kasus dugaan tindak pidana korupsi Perusahaan Daerah Kabupaten Simeulue (PDKS).

Seperti diketahui, Darmili merupakan tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi pada Perusahaan Daerah Kabupaten Simeulue (PDKS) tahun 2002-2012 yang ditetapkan Kejati Aceh pada Maret 2016 lalu.

Perusahaan daerah yang dibiayai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBK) Simelue tersebut terindikasi merugikan keuangan negara sebesar Rp 51 miliar dari jumlah penyertaan modal sebesar Rp 227 miliar.

Sesuai catatan AJNN, peningkatan status pengungkapan dugaan korupsi PDKS Simelue dari penyelidikan ke penyidikan telah dilakukan Kejati Aceh sejak Desember 2015 silam.

Pengusutan kasus dugaan korupsi PDKS dilakukan setelah Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Aceh Raja Nafrizal saat itu mengeluarkan perintah penyidikan dengan nomor print-17/N.1/Fd.1/09/2015.

“Kasus PDKS yang kita tangani saat ini adalah periode 2002-2012 dan statusnya sudah tahap penyidikan,” kata Kajati Aceh Raja Nafrizal didampingi Aspidsus Kejati Aceh Hentoro Cahyono saat Pers Gathering 2015 yang digelar di Kantor Kejati Aceh, Senin 4 Januari 2016.

Tak hanya itu, saat ini, kasus PDKS Simelue juga telah mendapatkan pengawasan (Supervisi) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Dalam perkara ini, penyidik juga terkendala soal kerugian negara sehingga penanganannya agak lama," kata Ketua Tim Koordinasi dan Supervisi Bidang Penindakan KPK, Fikri kepada wartawan usai bertemu (Aspidsus) Kejati Aceh, T Rahmatsyah di Banda Aceh, Rabu 6 Juni 2018 lalu.

Ucapan Selamat Pelantikan DPRA - Aceh Barat
iPustakaAceh
Ucapan Selamat Pelantikan DPRA - Pemerintah Aceh

Komentar

Loading...