Unduh Aplikasi

Kejari Aceh Utara Musnahkan Barang Bukti Narkoba dan Handphone

Kejari Aceh Utara Musnahkan Barang Bukti Narkoba dan Handphone
Pemusnahan barang bukti di Kejari Aceh Utara. Foto: AJNN/Sarina. 

ACEH UTARA – Kejaksaan Negeri Aceh Utara melakukan pemusnahan barang bukti (BB) narkoba dan handphone di halaman kantor setempat, Rabu (23/12).

Pantauan AJNN di lokasi, pemusnahan ganja kering dilakukan dengan cara dibakar, sabu-sabu diblender, dan puluhan unit handphone berbagai merek dihancurkan dengan palu.

Adapun jumlah barang bukti yang dimusnahkan yakni, 4.329.41 gram ganja kering, 1.382,86 gram sabu-sabu, serta puluhan unit handphone yang disita dari sejumlah tersangka.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Aceh Utara, Pipuk Firman Priyadi mengatakan, barang bukti yang dimusnahkan tersebut sudah memiliki kekuatan hukum tetap. Untuk sabu-sabu ada 93 perkara dan 19 kasus ganja.

“Kalau barang hasil sitaan secara akumulasi, ada yang harus kasasi prosesnya lama sampai setahun, pemusnahan dilakukan per triwulan,” ujar Pipuk.

Menurut Pipuk, kasus narkoba yang masuk ke Kejaksaan Negeri Aceh Utara terus meningkat, khususnya sabu-sabu jumlahnya naik terus dan yang menangani juga kompleks, yakni BNN Lhokseumawe, BNN Banda Aceh dan BNNP serta Polres Lhokseumawe dan Aceh Utara.

Sementara itu, Waka Polres Aceh Utara, Kompol Edwin Aldro mengatakan, untuk menekan angka kasus narkoba, selama ini pihaknya sudah melakukan upaya pencegahan, melakukan sosialisasi pada masyarakat ataupun pelajar.

“Kita mengajak untuk seluruh komponen masyarakat agar ikut membantu dalam hal pemberantasan narkoba, jika ada masyarakat yang mengetahui segera melapor, akan sangat membantu,” ungkapnya.

Soal jalur tikus, sambung Waka, pihaknya terus berupaya melakukan pencegahan di lokasi yang  terpantau, jika ada informasi akan dilakukan penyelidikan terlebih dulu, apakah benar atau tidak.

“Soal jalur tikus, kita ada Polsek yang selalu berpatroli ke sana, untuk mencegah. Untuk jumlah titik jalur tikus paling rawan di Seunuddon dan Tanah Jambo Ayee,” imbuhnya.

Komentar

Loading...