Unduh Aplikasi

Kejari Aceh Timur Terima Pelimpahan Tersangka dan Barang Bukti Kasus Korupsi PT KAI

Kejari Aceh Timur Terima Pelimpahan Tersangka dan Barang Bukti Kasus Korupsi PT KAI
Kejari Aceh Timur perlihatkan barang bukti uang tunai dalam kasus korupsi persertifikatan aset PT KAI. Foto: Ist

BANDA ACEH - Kejaksaan Negeri Aceh Timur menerima pelimpahan tersangka dan barang bukti dalam kasus tindak pidana korupsi persertifikatan aset PT KAI di wilayah Aceh Timur.

Adapun empat tersangka yang dilimpahkan ke Jaksa tersebut yakni berinisial IO, MAP, RI, dan S. Serta 873 barang bukti yang meliputi uang tunai senilai Rp 2 miliar lebih.

Kajari Aceh Timur,  Abun Hasbulloh Syambas melalui Kasi Intel, Andy menyebutkan pelimpahan tersangka dan barang bukti dari penyidik Ditreskrimsus Polda Aceh setelah berkas perkaranya dinyatakan lengkap atau P21.

Baca: Jadi Tersangka Korupsi Sertifikat, Manager Aset PT KAI Resmi Ditahan

"Setelah nantinya dipelajari oleh Jaksa dan dinyatakan lengkap, selanjutnya akan segera dilimpahkan ke pengadilan. Empat tersangka ditahan di Lapas kelas IIB Idi," kata Andy, Kamis (14/1).

Kasus dugaan korupsi pengadaan persertifikatan aset tanah mulai dari Birem Bayem hingga Madat dengan nilai kontrak Rp8,2 miliar ditanggani oleh Ditreskrimsus Polda Aceh sejak 2019.

Dalam penyelidikan, penyidik Ditreskrimsus Polda Aceh menemukan adanya pengelembungan harga pelaksanaan pembuatan sertifikat 301 bidang tanah milik PT KAI sub divre I Aceh yang menimbulkan kerugian negara Rp 6,5 miliar lebih.

Komentar

Loading...