Unduh Aplikasi

Kejari Aceh Barat Musnahkan Barang Bukti Sabu dan Ganja

Kejari Aceh Barat Musnahkan Barang Bukti Sabu dan Ganja
Foto: AJNN/Darmansyah Muda

ACEH BARAT - Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Aceh Barat memusnahkan sebanyak 2,71 ons  sabu serta 6, 18 kilogram ganja kering dengan cara dibaka, Kamis (26/11).

Dua jenis narkoba yang dimusnakan tersebut merupakan barang bukti tindak pidana yang telah dinyatakan inkrah atau memiliki kekuatan hukum tetap.

Pemusnahan barang bukti jenis narkoba tersebut dilakukan bersama dengan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat.

Kepala Kejari Kabupaten Aceh Barat, Muh Rukhsal Assegaf mengatakan barang bukti yang dimusnahkan itu merupakan hasil dari tindak pidana umum yang dikumpulkan selama setahun terakhir.

“Kami memusnahkan barang-barang yang telah memenuhi kekuatan hukum tetap, yaitu berupa narkotika maupun sabu-sabu. Hasil yang kami dapatkan ganja saja ada enam kilo, kemudian sabu-sabu yang sebanyak 271 gram. Kemudian ada juga beberapa barang lain yang dimusnahkan,” kata Kejari Aceh Barat Muh Rukhsal Assegaf.

Ia menjelaskan barang bukti jenis narkoba yang dimusnahkan tersebut merupakan perkara yang ditangani di wilayah hukum setempat dengan jumlah kasus sebanyak 54 kasus.

Dijelaskan Rukhsal, dari 50 perkara narkoba yang telah dinyatakan inkrah tersebut, rata-rata terpidananya merupakan para pemakai barang haram itu.

“Jumlah kasus yang kami musnahkan ini 50 kasus secara umum merupakan narkoba. Lebih banyak jenis ganja dong, kemudian baru sabu,” ungkapnya.

Komentar

Loading...