Unduh Aplikasi

Keindahan Tugu Rencong Kota Lhokseumawe pada Malam Hari

Keindahan Tugu Rencong Kota Lhokseumawe pada Malam Hari
Tugu Rencong Simpang Kutablang, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, malam hari. Foto: AJNN/ Safrizal

LHOKSEUMAWE- Tugu Rencong Simpang Kutablang, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe merupakan salah satu dari sekian banyak ikon andalan yang ada di kota berjuluk Kuta Pasee saat ini.

Bangunan kontruksi tugu yang terpancang menjulang tinggi dengan ujungnya disematkan senjata khas Aceh "Rencong" tampak lebih hidup di antara hilir mudik lalu-lalang kendaraan di malam hari.

Tambahan varian warna emas pada lambang tugu rencong serta lampu Led di setiap sudut dengan berkombinasi warna merah, biru dan kuning yang menjuntai ke bawah antara paduan warna merah putih tampak lebih indah.

Di tengah bundaran Tugu Rencong yang menghubungkan ke berbagai arah sudut penjuru pusat Kota Lhokseumawe juga tedapat taman yang dilebeli kata, "Selamat Datang Kota Lhokseumawe" yang merupakan pintu masuk pusat kota administrasi.

Kepala Bidang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Lhokseumawe, Rasyidin menyebutkan Tugu Rencong Simpang Kutablang, Lhokseumawe tersebut memiliki simbol sejarah yang mengartikan salah satu senjata yang digunakan para pejuang Aceh terdahulu dalam menumpas kolonial belanda di tanah Aceh.

Tugu Rencong yang dibangun pada tahun 2014 itu sengaja didesain demikian rupa kata Rasyidin, dimana senjata khas Aceh itu ikut melambangkan keteguhan, ketajaman, jeli dan juga kuat.

"Informasinya yang saya peroleh seh, tugu rencong tersebut akan dirobohkan pada tahun 2020, dimana nantinya tugu itu akan dibuat lebih bagus dan indah tanpa meninggalkan obligasi dasar seperti saat ini," kata Rasyidin kepada AJNN, Sabtu (21/12).

Terpaut beberapa meter dari tugu tersebut akan kembali dijumpai dengan pepohonan rindang Taman Riyadah.

Sembari menikmati keindahan malam hari Kota Lhokseumawe bersama hiruk pikuk kendaraan selanjutnya anda akan tercengang oleh kemegahan Mesjid Agung Islamic Center Kota Lhokseumawe, serta beberapa lokasi lain yang menarik untuk disinggahi.

Komentar

Loading...