Unduh Aplikasi

Kedelai Naik, Pengusaha Tahu Mengeluh Pendapatan Berkurang

Kedelai Naik, Pengusaha Tahu Mengeluh Pendapatan Berkurang
Pekerja membuat tahu di salah satu industri tahu di Desa Lampaseh, Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh, Minggu (3/1/2021). Harga bahan baku produksi biji kedelai dalam sebulan terakhir mengalami kenaikan hingga Rp9.800 perkilonya. Foto: AJNN/Indra Wijaya

BANDA ACEH - Harga kedelai melonjak drastis selama satu bulan terakhir. Sebelumnya, harga bahan baku untuk produksi tahu itu dijual Rp.7.600 perkilonya, kini pengusah harus merogoh kocek lebih, karena harga kedelai kini tembus Rp9.800 perkilonya.

M. Nasir pemilik pabrik tahu mandiri di Desa Lampaseh, Kecamatan Meuraze, Banda Aceh mengaku semenjak harga kedelai naik pendatannya berkurang. Dulunya ia membeli satu karung kedelai itu Rp280.000 - Rp.300.000 per karung, kini harga kedelai perkarungnya tembus Rp500.000.

"Kalau produksi tahu kita tidak berkurang, malah naik. Tapi, pendapatan kita berkurang semenjak harga kedelai naik," kata Nasir saat ditemui AJNN di Pabrik Tahu miliknya, Minggu (3/1/2021).

Ia mengatakan, selain karena bahan baku kedelai yang mahal, stoknya biji kedelai juga dibatasi. Dulunya ia bisa membeli kedelai hingga lima ton, karena dibatasi ia hanya dapat satu ton saja.

"Kita iniasiatif naikan harga tahu satu embernya. Meski kita naikan, tapi nggak menutup kerugian kita juga. Kurang sesuai dengan pekerjaan kita," ujarnya.

Untuk menginisiatif agar karyawan tetap bekerja, Nasir memasok bahan baku tahunya di beberapa tempat. Kedelai yang dibelinya juga masih bergantung dari kedelai impor di Medan. Sebab untuk kedelai lokal masih belum mencukupi kebutuhan produksi tahu miliknya.

"Saya ambil beberapa tempat kedelainya. Karena kalau satu tempat kita nggak bisa kerja," sebutnya.

Dalam seharinya, pabrik tahu milik Nasir mampu menghabiskan 400 kilo biji kedelai. 

"Kalau kita paksakan satu ton bisa habis. Normalnya 400 kilo seharinya. Kita berharap harga jual kedelai ini kembali stabil saja," pungkasnya. 
 

Komentar

Loading...