Unduh Aplikasi

Kebutuhan napi Rp 12.000 per hari

Kebutuhan napi Rp 12.000 per hari
Wpid p 20141202 114218
SABANG - Cukup atau tidaknya biaya kebutuhan napi di Rumah tahanan (Rutan) seantero negeri ini dari Sabang sampai Merauke, negara melalui Kementerian Hukum dan HAM hanya mengalokasikan dana Rp 12.000 per jiwa untuk kebutuhan dalam sehari-sehari.

Rutan Kelas IIB Sabang yang sudah tak layak huni ditambah lagi keterbatasan petugas merupakan penyebab utama larinya narapina di Rutan Sabang. Total keseluruhan 6 Napi kabur di Rutan Sabang. Kata Kepala Rutan Sabang Tri Budi H kepada awak media dalam ruangannya, Selasa (2/12).

"Sebenarnya Rutan sudah tak layak dan perlu renovasi. Seluruh Indonesia tidak ada lagi rutan seperti di Sabang, yang dindingnya masih setengah papan. Dan petugas cuma 18 orang, itupun sudah termasuk pimpinan. Tahun 2011 lima napi kabur dan ditambah satu lagi,  total enam napi sudah melarikan diri," katanya.

Kata dia, sudah saatnya pemerintah membangun rutan yang representatif. Seharusnya dalam satu sif sembilan orang petugas tapi karena keterbatasan petugas yang ada di rutan Sabang menjadi problem tersendiri.

"Sudah saatnya pemerintah membangun rutan yang representatif demi kenyamanan dan kemanan. Pos jaga menara ada tiga, seharusnya ada tiga petugas, diblok tiga, portir satu, pos komando 2 orang, total keseluruhan petugas sembilan petugas, tapi malam itu hanya dua petugas di sini," kata Tri Budi H.

Kemudian tambahnya, seluruh Indonesia biaya kebutuhan napi dalam satu hari di Rutan Rp  12.000 per jiwa hal ini berbeda jauh dengan tahanan KPK, Kejaksaan dan kepolisian (tahanan mereka Rp 40.000).

"Rp  12.000 itu pagu seluruh Indonesia dan sudah termasuk laut pauk. Dengan dana segitu kami mengaturnya dengan maksimal untuk memenuhi 2.500 kalori kepada masyarakat yang dibina di lembaga pembinaan masyarakat," ungkapnya.

IRMAN

Komentar

Loading...