Unduh Aplikasi

Kebakaran Lahan Gambut di Aceh Barat, Api Belum Bisa Dipadamkan

Kebakaran Lahan Gambut di Aceh Barat, Api Belum Bisa Dipadamkan
Kebakaran lahan gambut di Aceh Barat

ACEH BARAT - Api yang membakar  lahan gambut di tiga desa dalam Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat hingga kini belum berhasil dipadamkan.

Tim gabungan yang terdiri dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI/Polri masih terus bergelut dengan api, seperti yang terjadi di Desa Lapang.

Komanda Rayon Militer (Danramil) Johan Pahlawan, Kapten Inf Sudarsono, mengatakan sulitnya pemadaman lantaran yang terbakar lahan gambut sehingga sangat cepat menjalar.

"Kesulitan kita selain lahan gambut, sumber air juga sulit didapat lantaran di kawasan hutan dan lahan yang terbakar tidak ada parit," kata Sudarsono.

Baca: Tujuh Hektar Lahan Gambut di Aceh Barat Terbakar

Selain itu, kata dia, peralatan yang dimiliki juga terbatas sehingga saat malam hari tim pemadam kebakaran sulit membawa peralatan ke tengah hutan. Meski sulit dipadamka, kata Sudarsono, pihaknya terus berupaya melakukan pemadaman.

"Kita juga membangun posko di lokasi, guna mengatasi kebakaran lahan yang masih terjadi," ujarnya.

Keterbatasan alat yang dimiliki tim pemadam oleh dibenarkanKepala Pelaksana Badan Penaggulangan Bancana Aceh (BPBA) Teuku Ahmad Dadek. Menurut Dadek, peralatan yang masih seadanya tersebut membuat lahan sulit dipadamkan, apalagi ketika kebakaran di tengah hutan.

Bukan hanya itu, kebarakan lahan yang terjadi seperti di Aceh Barat merupakan lahan gambut, yang sangat sulit dipadamkan meski terlihat dipermukaan api tidak ada namun, api di bawah terus membakar gambut.

"Lahan yang terbakar merupakan lahan gabut. Terus peralatan juga terbatas sehingga kita kesulitan melakukan pemadaman," ujarnya.

Dikatakannya, selain peralatan, hal lain yang sangat dibutuhkan adalah bahan berupa zat yang langsung meresap saat dimasukkan dalam air juga tidak dimiliki oleh BPBD kabupaten kota di Aceh khususnya Aceh Barat.

Komentar

Loading...