Unduh Aplikasi

Ke Terminal, Satlantas Polres Aceh Barat Minta Penumpang Kantongi Surat Bebas Covid

Ke Terminal, Satlantas Polres Aceh Barat Minta Penumpang Kantongi Surat Bebas Covid
Satlantas Polres Aceh Barat saat menyampaikan imbauan di terminal.

ACEH BARAT- Satuan Polisi Lalu Lintas Kepolisian Resor  Aceh Barat mengimbau penumpang dan awak bus di terminal kota Meulaboh untuk mengantongi swab antigen sebelum berangkat ke wilayah luar Provinsi Aceh.

Selain itu, Satlantas Polres setempat juga meminta kepada awak bus dan penumpang untuk mematuhi protokol kesehatan seperti menjaga jarak, menggunakan masker selama dalam perjalanan guna memutus mata rantai penyebaran CoronaVirus Disease 2019 (Covid-19).

Kepala Polres Ace Barat, Ajun Komisaris Besar Polisi Andrianto Argamuda SIK melalui Kepala Satlantas, Ajun Komisaris Polisi Surya Purba mengatakan, saat ini guna mencegah penyebaran Covid-19 pihaknya menghimbau masyarakat untuk tidak dulu melakukan mudik lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah, terutama ke luar provinsi Aceh.

“Jadi kita melakukan sosialisasi ke terminal. Kita imbau masyarakat yang misalnya mau mudik harus mempersiapkan swab antigen, jadi kalau misalnya tidak ada kan lebih bagus tidak usah kan begitu,” kata Kepala Satlantas Polres Aceh Barat, AKP Surya Purba, kepada AJNN.

Kata Surya, pihaknya melakukan sosialisasi ke terminal agar warga yang hendak melakukan perjalanan mengetahui pentingnya surat keterangan bebas Covid-19 sehingga saat dilakukan pemeriksaan di pos perbatasan tidak mengantongi surat itu dan terpaksa diminta untuk kembali.

Kata dia, selain kepada calon penumpang pihaknya juga menyampaikan kepada pihak loket mobil penumpang untuk meminta calon penumpang tujuan luar provinsi Aceh menunjukkan surat keterangan bebas Covid.

 Surya  mengatakan, untuk pelaku perjalanan atau mudik antar kota/kabupaten di dalam provinsi Aceh tidak diwajibakan memiliki surat keterangan bebas covid hasil swab antigen.

“Itu kan antar provinsi. Tapi kalau misalnya kita misalkan ke Aceh Jaya itu kan enggak. Kan antar provinsi misalnya kita mau ke Medan disitulah dilakukan penyetopan-penyetopan. Jadi jangan orang luar masuk ke dalam dan orang dalam ke luar,” ungkap Surya.

Surya menambahkan, saat ini bagi mereka yang berencana mudik ke terutama luar provinsi sesuai dengan pemberlakukan aturan nasional ditiadakan, akan tetapi jika terpaksa seperti mengunjungi keluarga atau orang tua dalam keadaan darurat seperti  meninggal dunia atau hal lainnya maka diharuskan memiliki surat keterangan bebas Covid-19.

Dikatakan Surya pihaknya juga mulai membangun pos operasi ketupat yang berada di Poslantas Induk tepatnya di Jalan Nasional dalam kawasan kota Meulaboh, serta di Desa Suak Timah, Kecamatan Samatiga.

“Kita ada pos nanti melibatkan instansi terkait seperti Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan dan Satpol PP.Posnya ada di Pos lantas kita di dalam kota Meulaboh, di Suak Timah dan terminal,” imbuhnya.

Idul Fitri - Disdik
Idul Fitri - BPKA
Idul Fitri - ESDM Aceh
Idul Fitri - Disbudpar
Idul Fitri- Gubernur Aceh

Komentar

Loading...