Unduh Aplikasi

Kawasan Rumah Kumuh di Lhokseumawe Dibanjiri Sampah

Kawasan Rumah Kumuh di Lhokseumawe Dibanjiri Sampah
Kawasan Kota Kumuh dipenuhi sampah di Lhokseumawe. Foto: Ist

LHOKSEUMAWE - Kawasan rumah kumuh di Gampong Pusong Lama, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe dibanjiri sampah. Hal tersebut disebabkan tidak ada saluran air di kawasan itu sehingga membuat sampah mengapung bertahun-tahun.

Salah seorang warga Ani mengatakan, sampah-sampah tersebut merupakan buangan dari masyarakat, dikarenakan ratusan rumah itu dibangun di tengah-tengah bantaran sungai yang tersambung dengan Waduk Pusong, Kota Lhokseumawe, sehingga sampah yang menumpuk tersebut menutupi saluran air yang mengalir.

“Sudah bertahun-tahun ini, dan sampah-sampah ini buangan dari warga disini juga, dikhawatirkan akan menimbulkan penyakit jika terus-terusan seperti ini,” ungkap Ani, Senin (23/9).

Ani juga berharap kepada Pemerintah Kota Lhokseumawe supaya peduli terhadap masyarakat yang tinggal di kawasan tersebut. Minimal mengajak bergotong royong untuk membersihkan sampah-sampah yang membanjiri kawasan tempat tinggal mereka. Selain itu, juga meminta supaya dibuatkan saluran air atau parit, sehingga air mudah mengalir ke muara.

“Dan kami juga berharap lokasi ini agar ditimbun saja, sehingga tidak ada lagi warga yang membuang sampah ke bawah rumah sehingga dibanjiri sampah seperti ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Lhokseumawe Miswar mengatakan, pihaknya akan terus melakukan pembenahan dengan konsultan dari Kotaku, sehingga untuk ke depan kawasan kumuh tersebut dapat tertata dengan baik.

“Kami juga berharap dukungan dari masyarakat supaya program untuk membenah Kota Kumuh dapat berjalan, sementara anggaran sendiri selain dari APBD juga dilakukan sharing dari Dana APBA dan APBN,” ungkapnya.

Komentar

Loading...