Unduh Aplikasi

Kautsar: Kuota 120 Persen Bisa Terwujud Apabila DPRA dan Gubernur Sama Pandangan

Kautsar: Kuota 120 Persen Bisa Terwujud Apabila DPRA dan Gubernur Sama Pandangan
Anggota DPRA Kautsar. Foto: Ist

BANDA ACEH - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Kautsar mengatakan omong kosong mendesak pemerintah pusat untuk menghormati keinginan rakyat Aceh ketika institusi pemerintahan di Aceh yang terbentuk dari mekanisme demokrasi berstatus tidak kompak.

Menurutnya persoalan kuota 120 persen pencalonan Caleg 2019 di Aceh akan bisa terwujud apabila DPRA dan gubernur memiliki kesamaan pandang.

“Hanya kedua lembaga ini yang dapat bicara dengan KPU Pusat yang hari ini mendapat mandat sebagai pelaksana KIP Aceh, karena gubernur tidak memiliki kesamaan pandang dengan DPRA dalam hal eksistensi kepengurusan KIP yang baru,” kata Kautsar, Rabu (27/6).

Baca: Pakar Hukum: Qanun Aceh Yang Mengatur Quota Caleg 120 Persen Sudah Mengikat

Merujuk kepada kuota 120 persen pada Pemilu 2014 lalu, yang pada awalnya KPU juga hanya mengakui kuota 100 persen, namun hal ini dapat dikomunikasikan dengan baik kepada KPU Pusat berkat kesamaan pandang antara DPRA, Pemerintah Aceh dan Kepengurusan KIP baru saat itu.

“Otoritas kewenangan Aceh hanya dapat ditegakkan apabila institusi lembaga pemerintahan Aceh memiliki kesamaan pandang dan pendapat ketika berkomunikasi dengan lembaga pemerintah di pusat,” tegas politisi Partai Aceh itu.

Komentar

Loading...