Unduh Aplikasi

Belum Masuk ke Rekening Gampong, Alasan Keude Panteraja Belum Salurkan BLT

Belum Masuk ke Rekening Gampong, Alasan Keude Panteraja Belum Salurkan BLT
Ilustrasi. Foto: Net

PIDIE JAYA - Gampong Keude Panteraja, Kecamatan Panteraja, Pidie Jaya, adalah salah satu gampong dari seratusan gampong di kabupaten tersebut yang belum menyalurkan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) tahun 2021.

Sama halnya dengan gampong lain, gampong yang terletak di pusat Kecamatan Panteraja itu juga belum bisa menyalurkan BLT DD karena hingga saat ini belum masuk dana desa ke rekenening gampong tersebut.

Namun ada perbedaan dengan gampong lain yang hingga kini juga belum menyalurkan BLT DD bulan pertama tahun 2021, yaitu, Keude Panteraja mengusulkan penerima bantuan Covid-19 itu melampaui kemampuan dana desa setempat.

Kepala Desa (Keuchik) Gampong Keude Panteraja, M Diah, Rabu (21/4) mengatakan, mulanya Gampong Keude Panteraja mengusulkan penerima BLT DD di gampong itu sebanyak 262 KK.

"Pertama yang kami usulkan 262 KK, kemudian berkurang menjadi 219 KK, tetapi tidak bisa juga. Sehingga kami mengusulkan seperti yang dikatakan oleh pihak kabupaten, yaitu 176 KK penerima BLT," kata Diah kepada AJNN via seluler.

Katanya, Gampong Keude Panteraja telah mengusulkan penerima BLT DD di gampong itu sebanyak 176 KK. Namun, hingga hari ini dana untuk BLT bulan pertama itu belum juga masuk ke kas gampong tersebut.

Baca: Keude Panteraja Berbalut Masalah BLT DD

"Kata operator saya besok disuruh cek," sebutnya.

Perangkat gampong, lanjut M Diah, berencana membagikan sama rata dana BLT tersebut kepada KK seperti yang diusulkan sebelumnya. Namun hal itu akan dilakukan jika tidak bertentangan dengan aturan yang dapat menyeret dirinya ke ranah hukum.

"Terkait pembagian rencanaya, akan dibuat berita acara apabila bisa dilaksanakan (pembagian bersama) tanggung jawab bersama dengan sebuah berita acara, jangan sampai keuchik sendiri yang kalang kabut (bermasalah dengan hukum). Sebab aturannya, setiap penerima sebesar RP 300 ribu per bulan," jelasnya.

Gampong yang mayoritas masyarakatnya berprofesi sebagai nelayan itu, lanjut Diah, memiliki jumlah KK sebanyak 657 KK. Saat ini rata-rata KK di gampong menerima bantuan.

"Jumlah KK yang tercatat saat ini 657 KK. Penerima BLT DD (262 yang diusulkan). Bansos melalui Pos 104 KK. Ada KK yang masuk ke PKH, ada juga yang KK yang mendapat bantuan sembako, kalau yang dabel mendapat bantuan tidak ada," pungkasnya.

Komentar

Loading...