Unduh Aplikasi

Kata Kadis ESDM Terkait Sumur Bor Semburkan Gas dan Air di Aceh Timur

Kata Kadis ESDM Terkait Sumur Bor Semburkan Gas dan Air di Aceh Timur
Sumur bor keluarkan semburan gas dan air di Seuneubok Lapang Aceh Timur. Foto: Ist Salinan ini telah tayang di http://www.ajnn.net/news/sumur-bor-keluarkan-semburan-gas-dan-air-di-aceh-timur/index.html.

ACEH TIMUR – Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Mahdi Nur menyebutkan kalau sumur yang mengeluarkan gas air di Perkebunan P3 Divisi 1 Blok A 06 Dusun Cinta Damai,Gampong Seuneubok Lapang, Kecamatan Pereulak Timur, Kabupaten Aceh Timur kemungkinan besar merupakan sumur tua yang telah diproduksi oleh masyarakat illegal.

“Prediksi sementara kemungkinan besar merupakan sumur tua ex Asamera telah diproduksi secara ielgal oleh oknum masyarakat. Padahal sudah dimitigasi dengan memasang Well Caping disurface oleh Medco E&P Malaka sebelum di relinquished pada Oktober 2010 lalu,” katanya, Rabu (31/7).

Sambungnya, akibat dari cara penambangan yang tidak memenuhi standar perminyakan, dan pasti untuk tambang illegal, tidak akan bisa memenuhi standar. Upaya-upaya pencegahan telah terus dilakukan namun sulit diindahkan  oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Baca: Sumur Bor Keluarkan Semburan Gas dan Air di Aceh Timur

“Cukup sudah tragedi bulan April 2018 menelan korban meninggal mencapai 20 orang. Akibat terbakarnya  sumur minyak ilegal milik masyarakat. Kita berupaya mengimbau kepada masyarakat  semua pihak untuk tidak melakukan perbuatan yang dilarang dan melanggar hukum,” imbuhnya.

Dikabarkan sebelumnya, sebuah sumur bor dikabarkan mengeluarkan semburan gas dan air di Perkebunan P3Divisi 1 Blok A 06 Dusun Cinta Damai,Gampong Seuneubok Lapang, Kecamatan Pereulak Timur, Kabupaten Aceh Timur. Keuchik Gampong Seuneubok Lapang, kepada AJNN mengakui kalau kejadian tersebut memang benar.

Namun saat kejadian dirinya sedang tidak berada di tempat karena lagi bertugas di kantor kecamatan, dan saat pulang ke desa dirinya baru mengetahui kalau sudah ada semburan gas air di sumur tersebut.

 “Jadi sumur itu peninggalan nenek moyang dulu, namun datang oknum yang tidak bertanggungjawab kembali melakukan pengeboran illegal  tanpa meminta izin terlebih dahulu kepada saya berapa orang yang akan dibawa dan alat-alat apa saja yang dipakai,” katanya kepada AJNN melalui telepon seluler.

Komentar

Loading...