Kata Camat Banda Sakti Soal Pembongkaran Lapak Pedagang di KP3 Lhokseumawe

Kata Camat Banda Sakti Soal Pembongkaran Lapak Pedagang di KP3 Lhokseumawe
Pembongkaran lapak pedagang di KP3 Lhokseumawe. Foto: AJNN/Sarina.

LHOKSEUMAWE - Pembongkaran lapak pedagang di KP3, Kota Lhokseumawe, bertujuan untuk merelokasi pedagang kaki lima (PKL) di Kecamatan Banda Sakti, ke lokasi tersebut.

Camat Banda Sakti, Heri Maulana, saat dikonfirmasi AJNN mengatakan, pihaknya memiliki tiga program unggulan di Banda Sakti, yakni mengaji, tertib dan bersih. Menindaklanjuti hal itu, pihaknya memetakan keseluruhan kawasan yang tidak tertib seluruh desa di kecamatan tersebut.

“Kita juga sudah menyurati, baik itu tegurang pertama hingga ke empat, terkait akan direlokasi seluruh pedagang kaki lima dikawasan jalan protokol. Dikarenakan kawasan itu wajah kota yang setiap saat ada pelintas baik di dalam maupun luar kota,” kata Heri, Kamis (4/11).

Lanjut Heri, tiga hari lalu pihaknya juga melakukan audiensi dengan seluruh PKL di depan Masjid Islamic Centre dan Lapangan Hiraq. Mereka (pedagang) bersedia untuk direlokasi pada hari Minggu (7/11/2021) mendatang.

“Kawasan KP3, akan dijadikan sebagai wisata kuliner, sehingga masyarakat selain bisa menikmati pemandangan pantai, juga dapat menikmati kuliner,” ungkapnya.

Lanjutnya, upaya pemerintah untuk menempatkan seluruh PKL di kawasan itu, kemaslahatan orang banyak harus diutamakan dibandingkan satu atau dua orang.

“Soal kontrak pedagang dengan Pelindo berakhir pada bulan Oktober 2021 lalu, jadi kita tidak melakukan penertiban saat itu. Jadi pada November tidak bisa kita tunda lagi, kalau itu terjadi maka akan tertunda penertiban PKL di Banda Sakti, mau tidak mau harus dieksekusi hari ini,” cetusnya.

Pihaknya mengaku, tidak memberikan dispensasi kepada lapak pedagang yang dibongkar tersebut, karena kawasan itu tidak diizinkan berjualan dan tidak dibenarkan untuk memberikan bantuan.

“Jadi berani berbuat harus berani bertanggungjawab, pemerintah tidak melarang untuk berjualan, tapi jangan menggunakan tempat umum di Jalan Protokol,” imbuhnya.

Komentar Pembaca

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini