Unduh Aplikasi

Kata BPBD Aceh Utara Soal Puluhan Rumah Terancam Ambruk ke Sungai

Kata BPBD Aceh Utara Soal Puluhan Rumah Terancam Ambruk ke Sungai
Kondisi rumah warga yang retak. Foto: Ist

ACEH UTARA – Puluhan rumah di Gampong Blang Gunci, Kecamatan Paya Bakong, Kabupaten Aceh Utara terancam ambruk ke sungai. Bahkan dua diantaranya sudah hancur total.

Kepala BPBD Aceh Utara, Amir Hamzah, kepada AJNN mengatakan, pihaknya mengakui sudah pernah meninjau lokasi tersebut. Namun, dalam pekan ini tim akan turun kembali untuk melakukan peninjauan ulang.

Baca: Longsor Makin Parah, Pemkab Aceh Utara Terkesan Tutup Mata

“Dalam hal ini, kami tidak bisa berandai-andai, karena untuk memperbaiki benteng sungai dan rumah warga membutuhkan anggaran yang sangat besar. Kami belum bisa memastikan apakah akan diusul pada tahun anggaran 2021 atau tidak,” kata Amir.

Lanjut Amir, pihaknya juga sedang melakukan koordinasi kembali, soal anggaran yang digunakan, apakah itu dari Anggaran Pendapatan Belanja Aceh (APBA) atau bisa ditampung menggunakan APBK Aceh Utara.

“Dalam minggu ini kami akan turun kembali dengan lintas sektor terkait, karena saat ini kita sedang mencari langkah dan solusi bagaiman rencana ke depan,” ujarnya.

Pihaknya berharap kepada masyarakat agar bersabar lebih dulu, karena yang menjadi kendala saat ini menurutnya karena berada dipenghujung tahun. Apalagi, selain rumah, tebing di kawasan tersebut juga harus diperbaiki.

“Saat ini kita sedang mengupayakan,” imbuhnya.

Komentar

Loading...