Unduh Aplikasi

Kasus Positif Covid-19 Meningkat, Plt Gubernur Aceh Minta Bupati/Wali Kota Tambah Ruang Perawatan Rumah Sakit

Kasus Positif Covid-19 Meningkat, Plt Gubernur Aceh Minta Bupati/Wali Kota Tambah Ruang Perawatan Rumah Sakit
Foto: Ist

BANDA ACEH - Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah meminta semua Bupati dan Walikota di seluruh Aceh untuk menambah ruangan perawatan di seluruh rumah sakit di daerahnya masing-masing. Penambahan ruangan itu harus dilakukan baik pada yang sudah ditunjuk sebagai Rumah Sakit Umum Rujukan maupun yang belum.

Selain itu Nova Iriansyah juga meminta Bupati/Walikota se - Aceh menyiapkan ruang karantina bagi pasien positif COVID-19 dengan sifat Orang Tanpa Gejala (OTG) yang merupakan 90% penderita COVID-19. Hal ini di sampaikan Nova Iriansyah dalam surat bernomor 440/10813 tertanggal 30 Juli 2020, yang surat tersebut bersifat segera.

Dalam surat itu, Nova mengatakan instruksi penambahan ini sehubungan dengan semakin merebaknya kasus positif COVID-19 di Aceh. Apalagi dalam bulan Juli 2019 saja telah terjadi Ionjakan 312 kasus, penambahan kasus ini menurut Nova sangat signifikan terjadi. Pada pemeriksaan yang diterbitkan tanggal 30 Juli 2020 mencapai angka 74 orang dan diperkirakan akan terjadi penambahan pasca Idul Adha 2020.

Selain itu terbatas ruang perawatan di RSUD dr. Zainoel Abidin dan Gedung Karantina di BPSDM Aceh, juga menjadi alasan utama instruksi penambahan ruangan perawatan tersebut.

Pemerintah Aceh, juga menekankan agar hal ini serius ditanggapi oleh semua Bupati dan Walikota di seluruh Aceh. Bagi Kabupaten/Kota yang tidak mengindahkan himbauan ini, akan dikenakan sanksi tegas sesuai peraturan perundang - undangan yang berlaku.

Berikut isi instruksi surat tersebut:

1. Sehubungan semakin merebaknya kasus positif COVID 19 di Aceh dalam bulan Juli 2019 telah terjadi Ionjakan 312 kasus, penambahan sangat signinan terjadi pada pemeriksaan yang diterbitkan tanggal 30 Juli 2020 mencapai angka 74 orang dan diperkirakan akan terjadi penambahan pasca Idul Adha 2020.

2. Berkenaan hal tersebut di atas, mengingat terbatasnya mang perawatan di RSUD dr. Zainoel Abidin dan Gedung Karantina di BPSDM Aceh, maka kami mengharapkan perhatian Saudara sebagai berikut :

a. Menambah ruangan perawatan di seluruh rumah sakit di Aceh. baik yang sudah ditunjuk sebagai Rumah Sakit Umum Rujukan maupun yang belum.

b. Menyiapkan ruang karantina bagi pasien positif COVID 19 dengan sifat Orang Tanpa Gejala yang merupakan 90% penderita COVID l9.

3. Bagi Kabupaten/Kota yang tidak mengindahkan himbauan ini, akan
dikenakan sanksi tegas sesuai Peraturan Perundang undangan.

4. Demikian harapan kami dan terima kasih.

Komentar

Loading...