Unduh Aplikasi

Kasus Korupsi Pajak Rp 27,6 Miliar Segera Dilimpahkan ke Jaksa

Kasus Korupsi Pajak Rp 27,6 Miliar Segera Dilimpahkan ke Jaksa
BANDA ACEH – Kepolisian Daerah (Polda) Aceh segera melimpahkan tahap II berkas bekas Kuasa Bendahara Umum Daerah (BUD) Kabupaten Bireuen, Muslem Syammaun, ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Aceh.

Kepala Bidang Humas Polda Aceh, Kombes Goenawan menyebutkan, pelimpahan berkas tahap II kasus korupsi pajak Kabupaten Bireuen ke Kejati Aceh akan digelar Besok, Rabu (23/8).

“Besok (Rabu) berkas dan barang bukti akan dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi Aceh,” kata Kombes Pol Goenawan didampingi Dir Reskrimsus Polda Aceh Kombes Zulkifli, Wadir Reskrimsus AKBP Ridwan Usman, Kasubdit III/Tipikor Kompol Supriadi dan Kanit I/Tipikor Kompol Iskandar A.

Dikatakan, Syammaun diduga menyalahi kewenangannya sebagai BUD Kabupaten Bireuen. Potongan pajak penghasilan (PPh) dan pungutan pajak penambahan nilai (PPN) yang berasal dari perhitungan pembayaran kegiatan atas beban APBD dan pembayaran gaji pegawai Pemkab Bireuen tidak disetorkan ke kas negara.

“Uang yang seharusnya disetorkan ke kas negara itu disetorkan ke dalam rekening miliknya,” terang Kombes Pol Goenawan.

Syammaun akan dijerat dengan pasal 2 ayat (1) dan atau Pasal 3 dan Pasal 8 UU 31/1999 sebagaimana telah diubah dengan UU 20/2011 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 64 KUHP dan Pasal 3 ayat (1) huruf a, b dan c UU 25/2003 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang jo Pasal 64 KUHP.

Komentar

Loading...