Unduh Aplikasi

Kasus Korupsi Dana Desa Reusap Ara Bireun Dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor

Kasus Korupsi Dana Desa Reusap Ara Bireun Dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor
Mantan Keuchik Reusap Ara Bireun di tahan Jaksa. Foto: Ist

BANDA ACEH - Kasus korupsi dana desa Reusap Ara, Kabupaten Bireun dengan kerugian negara Rp300 juta telah dilimpahkan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Banda Aceh.

Kajari Bireun, M Junaedi melalui Kasi Intelijen, Wisdom menyebutkan berkas perkara bersama tersangka dan barang bukti telah di limpahkan pada Rabu 2 September 2020 menyusul telah rampungnya dakwaan yang disusun tim jaksa. Tersangka dalam kasus ini satu orang yakni mantan keuchik berinisial JAS.

"Berkas perkaranya sudah dilimpahkan ke pengadilan Tipikor dua hari lalu," kata Wisdom, Jumat (4/9).

Selanjutnya, kata Wisdom, tim jaksa tinggal menunggu penetapan waktu sidang dari majelis hakim yang ditunjuk. Persidangan perdana mengagendakan pembacaan dakwaan penuntut umum.

"Bisanya satu minggu setelah diserahkan berkas sudah ada jadwal sidang perdana. Namun, tergantung dari pihak pengadilan," ujarnya.

Baca: Kejari Bireun Segera Limpahkan Berkas Korupsi Dana Desa Reusap Ara Bireun

Seperti diberitakan sebelumnya, JAS mantan keuchik desa Reusap Ara melakukan tindak pidana korupsi penggunaan dana desa dari anggaran 2018 senilai Rp800 juta.

Penangganan kasus dugaan korupsi dana desa tersebut pihak Kajari telah melakukan pengumpulan data sejak akhir 2019.

Diawal tahun 2020, penanganan kasus ditingkatkan dari penyelidikan ke penyidikan setelah ditemukan alat bukti atas dugaan korupsi penggunaan dana desa dan menetapkan mantan Keuchik Desa Reusap Ara, Kecamatan Jangka, Bireun sebagai tersangka.

"Ditemukan ada penggunaan dana desa yang tidak sesuai dengan mekanisme dan tidak dapat dipertanggungjawabkan baik secara administrasi maupun fisik," ungkap Wisdom.

Komentar

Loading...