Unduh Aplikasi

Kasus Korupsi Dana Desa, Mantan Keuchik Gampong Mancang Masih Buron

Kasus Korupsi Dana Desa, Mantan Keuchik Gampong Mancang Masih Buron
Foto: Ist

PIDIE-Satuan Reserse dan Kriminal (Sat Reskrim) Polres Pidie hingga saat ini belum berhasil menangkap mantan Keuchik Gampong Mancang, Kecamatan Pidie, Kabupaten Pidie, bernisial KBK karena diduga terlibat kasus tindak pidana korupsi pengelolaan dana desa.

Sementara berkas kasus tersebut sudah pernah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Pidie namun dikembalikan lagi untuk diperbaiki dan dilengkapi.

Kasat Reskrim Polres Pidie Iptu Eko Rendi Oktama SH kepada AJNN, Senin (23/11) mengatakan, dikembalikannya berkas kasus dugaan korupsi tersebut karena dinyatakan tidak lengkap atau P19.

Baca: Diduga Korupsi Dana Desa, Mantan Keuchik Gampong Mancang Pidie Jadi Tersangka

"Dikembalikan berkas oleh JPU karena belum lengkap seperti belum adanya keterangan dari tersangka yang saat ini masih buron," ujarnya.

Namun demikian, kasus dugaan tindak pidana korupsi penyelewengan dana desa di Gampong Mancang masih terus berlanjut meski tersangka mantan keuchik masih dalam DPO.

"Kasus tersebut saat ini masih dalam proses Sidik dan sedang melengkapi berkas sebagaimana petunjuk yang diberikan pihak Jaksa," ujarnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, mantan Gampong Mancang bernisial KBK dietapkan tersangka pada Juni 2019. Namun belum berhasil dilakukan penahanan karena melarikan diri.

Penetapan mantan keuchik KBK sebagai tersanga karena diduga tidak merealisasi beberapa item kegiatan tahun anggaran 2016 dan 2017 seperti pengadaan bibit atau obat-obatan pertanian. Selain itu juga ditemukan kekurangan volume pada tiga item kegiatan pekerjaan fisik.

"Berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Inspektorat Pidie ditemukan kerugian negara Rp200 juta di semua item kegiatan tahun anggaran 2016 dan 2017," ujarnya.

Komentar

Loading...