Unduh Aplikasi

Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak di Abdya Meningkat

ACEH BARAT DAYA – Terhitung sampai bulan September 2015 Kasus tindakan kekerasan terhadap kaum perempuan dan anak di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) jumlahnya terus meningkat.

“Untuk tahun ini, kasus kekerasan terhadap anak terus meningkat dibandingkan dengan tahun lalu, tidak tertutup kemungkinan bisa saja ada kasus-kasus serupa yang akan terjadi,” sebut Kapolres Abdya, AKBP Hairajadi, SH melalui Kasat Reskrim AKP Misyanto, M.SE Kamis (29/10).

Lanjut Misyanto, sedikitnya ada 13 kasus kekerasan yang terjadi di Abdya diantaranya 6 kasus kekerasan terhadap perempuan, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) 2 kasus, penelantaran rumah tangga 1 kasus, penganiayaan terhadap anak 3 kasus, pencabulan anak dibawah umur 1 kasus dan pemukulan terhadap guru. Dari keseluruhan kasus dimaksud, 7 kasus diantaranya telah selesai ditangani dan para tersangka telah ditetapkan masa hukumannya.

Menurutnya, kekerasan pada anak dan perempuan secara klinis dapat diartikan sebagai suatu tindakan yang dilakukan satu individu terhadap individu lain yang mengakibatkan gangguan fisik dan atau mental. Namun, masalah kekerasan dalam hal ini tidak saja diartikan sebagai suatu tindakan yang mengakibatkan gangguan fisik dan mental, tetapi juga mengakibatkan gangguan sosial.

“Cukup banyak dampak buruk yang akan dialami oleh para korban tindakan kekerasan terhadap perempuan maupun anak. Oleh karena itu, kami berharap kepada seluruh masyarakat untuk tetap waspada dengan beragam kasus ini dengan tetap menjaga serta memantau setiap perkembangan dalam keluarga, agar hal-hal seperti itu dapat dihindari,” imbuhnya.

|JULIDA FISMA

Komentar

Loading...