Unduh Aplikasi

SELAMA 2019

Kasus Curanmor dan Pencabulan Dominan di Aceh Tengah

Kasus Curanmor dan Pencabulan Dominan di Aceh Tengah
Kapolres Aceh Tengah AKBP Hairajadi memberikan keterangan akhirnya tahun kepada wartawan. Foto: AJNN/Fauzi Cut Syam

ACEH TENGAH - Pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) menjadi kasus paling dominan selama tahun 2019 di wilayah hukum kepolisian resor (Polres) Aceh Tengah. Jumlah kasus yang ditangani oleh Polres Aceh Tengah mencapai 35 kasus, namun yang baru terungkap 11 kasus atau 31,42 persen. Sedangkan pencabulan dan persetubuhan sebanyak 18 kasus dimana semuanya berhasil diungkap oleh pihak kepolisian.

Kapolres Aceh Tengah, AKBP Hairajadi dalam konferensi pers akhir tahun menyebutkan bahwa adanya penurunan  jumlah kasus yang ditangani pihaknya pada tahun 2019 ini. Tahun 2018 lalu jumlah kasus yang ditangani polres Aceh Tengah berjumlah 145 kasus, 105 diantaranya berhasil diselesaikan. Sedangkan untuk tahun 2019 ada 123 kasus, yang berhasil diungkap 69 kasus.

"Kami juga berhasil mengungkap kasus korupsi dana desa dengan mengamankan dua orang tersangka yaitu mantan Reje dan bendahara Kampung Pegasing, akibat korupsi tersebut, negara dirugikan sebanyak Rp 194 juta, kasus ini sudah P21," ujar Hairajadi kepada wartawan dalam konferensi pers, Selasa (31/12) di Mapolres Aceh Tengah.

Untuk kasus Narkoba, Polres Aceh Tengah menerima sebanyak 49 kasus dengan rincian kasus sabu 42 kasus dan ganja tujuh kasus dengan tersangka laki - laki dewasa 56 orang, perempuan dewasa emlat orang dan anak-anak satu orang. Untuk barang bukti yang disita yaitu Sabu 95,6 gram, ganja 6.346 kg.

Selain itu jumlah kecelakaan lalulintas di Aceh Tengah cukup memprihatinkan. Dari  bulan Januari sampai Desember ada 129 kejadian, dengan korban meninggal dunia 14 orang luka berat empat orang dan luka ringan 14 orang. Total kerugian materi Rp 434 juta. Jumlah yang ditilang juga cukup banyak yaitu 3.414 orang dengan total denda tilang Rp 102 juta.

Hadir dalam konferensi pers, Kabag OPS, kasat Reskrim, kasat lantas dan sejumlah pejabat utama Polres Aceh Tengah. Selain itu pihak kepolisian juga menghadirkan sejumlah tersangka yang berhasil ditangkap.

Komentar

Loading...