Unduh Aplikasi

Kasus Corona Aceh Bertambah Satu Orang, Dua Pasien di RSUDZA Sembuh

Kasus Corona Aceh Bertambah Satu Orang, Dua Pasien di RSUDZA Sembuh
Ilustrasi. Foto: Net

BANDA ACEH - Kasus positif virus corona (Covid-19) di Aceh bertambah satu orang hari ini, yaitu pasien perempuan asal Kabupaten Bireuen berusia 57 tahun.

Juru Bicara Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani mengatakan, pasien ke 88 Aceh itu memiliki riwayat perjalanan ke daerah penularan lokal dari luar Aceh.

“Ia berobat ke RSUD dr Fauziah Bireuen karena batuk-batuk. Pasien 88 ini jujur mengaku pernah ke zona infeksius dan tim medis melakukan swab cairan nasofaring dan orofaringnya,” kata Saifullah Abdulgani dalam laporannya, Selasa (7/7).

Hasil pemeriksaan swab-nya di Laboratorium Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) Litbangkes Aceh, pasien ke 88 tersebut dinyatakan positif corona pada, Senin, 6 Juli 2020.

"Pasien 88 ini langsung menjalani perawatan lebih lanjut di RSUD dr Fauziah, Bireuen," ujarnya

Selain penambahan pasien, Juru Bicara Covid-19 Aceh yang akrab disapa SAG itu juga menyampaikan bahwa adanya dua pasien corona yang dirawat di Respiratory Intensive Care Unit (RICU) dan Ruang Isolasi Pinere RSUDZA Banda Aceh dinyatakan sembuh dari virus mematikan tersebut.

"Dua pasien yang disimpulkan sudah negatif atau sembuh dari virus corona itu masing-masing His (55) dan EMI (31)," ucapnya.

SAG menjelaskan, pasien His menjalani perawatan di RICU RSUDZA sejak 21 Juni 2020 setelah terkonfirmasi positif Covid-19.

His ditangani sekitar 16 hari oleh Tim Medis Covid-19 RICU-RSUDZA, ia dinyatakan sembuh berdasarkan hasil swab dua kali berturut-turut dinyatakan negatif, dan dibolehkan pulang untuk pemulihan kesehatannya di rumah.

Sedangkan pasien perempuan EMI, kata SAG, ia menjalani perawatan di Ruang Isolasi Pinere RSUDZA sejak tujuh hari lalu, dia tidak memiliki riwayat ke zona merah, melainkan kontak dekat dengan pasien Covid-19 lainnya.

Warga Kota Banda Aceh ini dinyatakan sembuh dan meninggal rumah sakit hari ini karena hasil swab-nya sudah bebas virus corona.

“Kita berharap kedua pasien yang baru sembuh ini tetap menjalankan protokol kesehatan di hari-hari selanjutnya agar penyakit itu tidak berulang,” tutur SAG.

SAG menyebutkan, untuk jumlah orang positif Covid-19 Aceh hingga saat ini sudah mencapai 88 orang. Diantaranya 43 pasien masih dalam perawatan, 42 orang dinyatakan sembuh, dan tiga lainnya telah meninggal dunia.

Komentar

Loading...