Unduh Aplikasi

Kasus Beasiswa, Polda Tunggu Izin Mendagri Periksa Enam Anggota DPRA

Kasus Beasiswa, Polda Tunggu Izin Mendagri Periksa Enam Anggota DPRA
Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy. Foto; AJNN/Tommy

BANDA ACEH - Kepolisian Daerah Aceh menyatakan akan melakukan pemeriksaan terhadap enam anggota DPRA aktif terkait kasus beasiswa Pemerintah Aceh.

Ke enam anggota DPRA aktif tersebut berinisial AA, AM, HY, IUA, YH dan ZF.

Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy mengatakan pemeriksan enam anggota DPRA aktif itu akan dilakukan setelah mendapat ijin dari Mendagri atas nama Presiden.

Baca: BPKP Aceh: Dana Beasiswa Terindikasi Mengalir ke Anggota Dewan

"Berhubung mereka masih aktif. Penyidik masih menunggu kelengkapan administrasi yakni gelar perkara di Bareskrim Polri dan ijin pemeriksaan dari Mendagri," kata Kombes Pol Winardy, Rabu (10/2).

Kombes Pol Winardy menyebutkan ada 25 anggota DPRA periode 2014-2019 sebagai pengusul bantuan biaya pendidikan masyarakat Aceh Tahun 2017.

Dari 25 orang tersebut, lanjut Kombes Pol Winardy, 16 diantara telah dipanggil di mintai keterangan oleh penyidik dalam kasus tersebut.

"Ada satu orang mantan DPRA berinisial DS tidak menghadiri pemanggilan penyidik. Yang bersangkutan sudah dua kali mangkir," ujarnya.

Sementara satu orang mantan anggota DPRA berinisial HD, kata Kombes Pol Winardy, tidak memenuhi panggilan penyidik dengan alasan sakit.

"Sedangkan satu orang lagi berinisial JM telah meninggal dunia," kata Kabid Humas.

Kasus beasiswa dana aspirasi anggota dewan ini, kata Kombes Pol Winardy sudah ditingkatkan ke tahap penyidikan. Namun, penyidik belum menetapkan tersangka.

"Sudah 483 mahasiswa penerima bantuan kita mintai keterangan. Kasus ini tahap penyidikan. Saat ini belum ada tersangkanya," ungkap Kombes Pol Winardy.

Sebelumnya, BPKP Perwakilan Aceh menyatakan kasus beasiswa salah satu dari sembilan kasus dari hasil audit investigasi adanya indikasi tindak pidana korupsi.

Indikasi tersebut adanya penerimaan beasiswa tidak sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan dalam Pergub nomor 58 tahun 2017 serta adanya indikasi uang mengalir ke anggota dewan.

Idul Fitri - Disdik
Idul Fitri - BPKA
Idul Fitri - ESDM Aceh
Idul Fitri - Disbudpar
Idul Fitri- Gubernur Aceh

Komentar

Loading...