Unduh Aplikasi

“Kareung Gla” Objek Wisata Sungai di Pidie Jaya Menarik untuk Dikunjungi

“Kareung Gla” Objek Wisata Sungai di Pidie Jaya Menarik untuk Dikunjungi
Objek wisata Kareung Gla. Foto: AJNN/Muksalmina

PIDIE JAYA - Objek wisata sungai Kareung Gla yang terletak di Gampong Abah Lueng, Kecamatan Bandar Baru, Pidie Jaya, kini mulai diminati pengunjung untuk mengisi akhir pekan.

Pantauan AJNN, Minggu (23/8), ratusan pengunjung memadati asrinya sungai Kareung Gla yang selama ini tidak terekspos ke luar.

Untuk menuju ke Kareung Gla, pengunjung harus menempuh jarak sekitar 10 kilometer (km) dari Keude Lueng Putu, pusat pasar kecamatan setempat ke Jiem-Jiem. Dari Jiem-Jiem, kurang dari 4 km pengunjung akan tiba di sungai yang diapit oleh bukit dan gunung tersebut.

Jalan menuju ke lokasi wisata itu masih sedikit terkendala, pasalnya di beberapa titik masih terdapat jalan yang belum beraspal, dan di beberapa titik jalan yang sudah diaspal mulai tergelupas. Namun kendala tersebut tidak akan menyurut hasrat pengujung untuk berwisata ke sungai Kareung Gla.

Dihimpun AJNN, Kareung Gla atau dalam bahasa Indonesia Karang Licin saat Aceh masih dilanda konflik tak ada warga yang berani kesana, sebab lokasi tersebut menjadi salah satu basis Gerakan Aceh Merdeka (GAM).

Namun belakangan, Kareung Gla dipoles menjadi objek wisata yang menarik untuk dikunjungi.

“Tempat wisata ini dibuka sekitar empat atau lima bulan yang lalu. Hampir setiap akhir pekan ramai pengunjung yang kesini,” sebut Faisal, salah seorang warga disana.

Husaini, salah seorang pengunjung lokal menuturkan, meski terkendala akses jalan yang sebagian masih berkerikil itu, tidak menjadi kendala baginya dan keluarganya untuk menikmati pemandian di sungai Kareung Gla. Namun ia berharap pemerintah setempat memperhatikan kondisi jalan tersebut.

“Ya kita tetap berharap pada pemerintah untuk membangun jalan beraspal kesini. Sebab dengan bagusnya jalan, akan menarik warga untuk berkunjung kesini, dan tentunya perekonomian warga disini akan semakin bagus,” harap Husaini.

“Namun meski jalannya belum sepenuhnya beraspal, Kareung Gla ini harus dikunjungi,” timpa Noval pengunjung dari Gampong Lancok.

Komentar

Loading...