Unduh Aplikasi

Kapal Kargo Berbobot 3000 Ton Kandas di Sabang

Kapal Kargo Berbobot 3000 Ton Kandas di Sabang
Kapal Kargo yang kandas di Pantai Balik Gunung Kecamatan Sukakarya Kota Sabang. Foto: Arman Konadi
BANDA ACEH - Sebuah Kapal Kargo dengan bobot 3.720 GT kandas di Pantai Balik Gunung Kecamatan Sukakarya Kota Sabang, Provinsi Aceh setelah hanyut terbawa arus, Kamis (11/8) sekitar pukul 08.15 WIB. Tak ada korban jiwa dalam insiden ini namun kapal tidak dapat melanjutkan perjalanan.

Komandan Lanal Sabang, Letkol Laut (P) Kicky Salvachdie mengatakan telah mengevakuasi seluruh anak buah kapal yang berjumlah 24 orang tersebut ke daratan bekerjasama dengan personil SAR. Saat ini pihaknya tengah menunggu pemilik kapal dengan nama MV Pataya III tersebut untuk mengevakuasi kapal yang kandas tepatnya di depan Hotel The Pade itu.

"ABK kapal tadi sudah kami evakuasi semua dan saat ini tinggal menunggu pemilik kapal saja. Tidak ada masalah karena kapal juga dalam kondisi kosong," kata Letkol Laut (P) Kicky Salvachdie dihubungi AJNN, Kamis siang.

Menurut Kicky berdasarkan keterangan yang dihimpun pihaknya dari anak buah kapal tersebut, kapal sediannya akan berlayar menuju Padang Sumatera Barat dan berangkat dari Pelabuhan Belawan Minggu 07 Agustus. Cuaca buruk yang melanda perairan Aceh membuat Nahkoda Kapal Adolf Roni, 59 memutuskan berlindung disekitar perairan Ule Lheue Banda Aceh.

"Jadi mereka sempat lempar jangkar untuk menghindari cuaca buruk. Tapi karena mendapat perintah untuk melanjutkan pelayaran Nahkoda akhirnya kembali melanjutkan pelayaran," kata Kicky.

Namun kata Kicky, saat akan melanjutkan pelayaran, pada Minggu 10 Agustus lalu, tiba-tiba kapal mengalami trouble (kerusakan) pada bagian pompa lear jangkar, dan mesin kapal mati hingga hanyut terbawa arus ke Pantai Balik Gunung Sukakarya Sabang.

"Saat ini kapal mngalami kebocoran dan air telah sampai ke ruang mesin. Kami telah berkordinasi dengan perusahaan dan untuk sementara sejumlah personil kami tempatkan di lokasi untuk pengamanan," jelas Kicky.

Komentar

Loading...