Unduh Aplikasi

Kapal Asing Ingin Pindah ke Pelabuhan Belawan, Bupati: Itu Hak Mereka

Kapal Asing Ingin Pindah ke Pelabuhan Belawan, Bupati: Itu Hak Mereka
Penampakan Kapal MV. New Lucky Il yang berlabuh jangkar di perairan laut Calang, Aceh Jaya. Foto: For AJNN

ACEH JAYA - Bupati Aceh Jaya, T. Irfan TB mengaku akan duduk kembali bersama pihak Forkopimda Plus terkait polemik Kapal Asing MV. New Lucky Il yang ingin bersandar di Pelabuhan Calang, Aceh Jaya.

"Iya kami sudah pernah menerima suratnya sebanyak dua kali, kali pertama minta izin bongkar muat dan yang kedua minta izin suplai air tawar di Pelabuhan Calang," kata Bupati Aceh Jaya, T.Irfan TB kepada AJNN di Calang, Kamis (16/4) malam.

Oleh sebab itu, pihaknya akan duduk kembali terkait hal tersebut bersama dengan pihak Forkopimda Plus termasuk pimpinan DPR, camat, para keuchik sekitar pelabuhan dan termasuk para LSM yang ada di Aceh Jaya.

"Besok habis Jum'at kami berencana akan duduk kembali membahas soal itu, jadi apapun keputusan besok akan kami sampaikan lagi," ucap Irfan TB.

Baca: Pembawa Tiang Pancang Berencana Pindah ke Pelabuhan Belawan

Namun demikian, pihaknya tidak berwenang menutup atau melarang kapal bersandar di Pelabuhan Calang, karena semua itu wewenang Dirjen Kementerian Perhubungan Laut. Tapi melihat kondisi saat ini terpaksa diminta untuk ditunda dulu masuknya kapal luar demi menjaga masyarakat dan mencegah penyebaran wabah Covid-19 di Aceh Jaya.

"Kami tidak punya kapasitas untuk melarang bersandar kapal apalagi menutup pelabuhan, ini yang harus kami luruskan, namun pihaknya meminta untuk dihentikan sementara waktu hanya karena mencegah wabah Corona masuk ke Aceh Jaya," jelas Irfan.

Sementara itu, jika pun pihak keagenan kapal ingin balik kanan atau ingin bongkar di pelabuhan Belawan Medan itu hak mereka, dan pihaknya juga tidak bisa melarangnya.

"Ya kalau memang pihak kapal ingin putar haluan ke Belawan ya silahkan saja dan kami juga tidak bisa menahan itu," pungkas Irfan TB. 

Komentar

Loading...