Unduh Aplikasi

Kanwil Kemenag Aceh Lantik Dua Pejabat, Surat Diteken di Lhoksukon

Kanwil Kemenag Aceh Lantik Dua Pejabat, Surat Diteken di Lhoksukon
Kanwil Kemenag Aceh, Iqbal saat menyampaikan keterangan usai dilantik beberapa waktu lalu. Foto: AJNN/Rahmat Fajri

BANDA ACEH - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Aceh, H Iqbal melantik dua pejabat eselon IV di instansi yang dipimpinnya, Senin (10/8) kemarin.

Pelantikan yang dilaksanakan langsung oleh Iqbal itu berlangsung di ruang rapat Kakanwil, proses ini dinilai terkesan tertutup dan terlalu dipaksakan.

Adapun dua pejabat eselon IV yang dilantik tersebut yakni Tajri bin Yakub sebagai Kasubbag Umum dan Humas, menggantikan Safrizal. Sedangkan Safrizal sendiri belum mendapat posisi barunya.

Kemudian, pejabat lain yang dilantik Iqbal yaitu Idris Suteja, dia diberikan amanah sebagai Kasi Pondok Pesantren Kemenag Kabupaten Aceh Selatan. Sebelumnya ia menjabat sebagai Kasubbag Kepegawaian dan Hukum.

"Iya benar kemarin saya sudah dilantik sebagai Kasi Pontren Kemenag Kabupaten Aceh Selatan, undangan dikasih di ruang Kakanwil," kata Idris Suteja kepada wartawan.

Pelantikan itu terkesan mendadak terlihat dari undangan yang baru beredar jelang prosesi pelantikan.

Anehnya, surat undangan dengan kop Kanwil Kemenag Aceh yang beralamat di jalan Abu Lam U, Kota Banda Aceh tersebut ditandatangani Iqbal di Lhoksukon (Aceh Utara) pada Senin, 10 Agustus 2020.

Tepat di hari pelaksanaan pengukuhan dua pejabat eselon IV yang berlangsung sekitar pukul 12.00 WIB.

Beredar surat undangan pelantikan di Kanwil Kemenag Aceh, surat diteken di Lhoksukon (Foto: Ist)

Pantuan awak media, pelantikan itu juga membuat sejumlah ASN dijajaran Kemenag Aceh bingung, pasalnya banyak diantara mereka tidak mengetahui adanya prosesi pelantikan dan siapa yang dilantik. Bahkan luput dari peliputan tim Humas.

Terbukti, hingga hari ini, Selasa (11/8), tidak ada berita pelantikan tersebut di website resmi Kemenag Aceh.

Terkait sejumlah persoalan tersebut, Kepala Kanwil Kemenag Aceh, Iqbal yang dikonfirmasi AJNN tidak memberikan respon apapun. Pesan singkat AJNN via whatsapp hanya dibaca saja (centang biru).

Sebelumnya, Iqbal juga telah melakukan mutasi terhadap 13 pejabat eselon III, Jumat, 24 Juli 2020.

Namun, penempatan mereka baik sebagai Kepala Kemenag kabupaten/kota maupun yang ditarik menjadi Kabag Tata Usaha hingga kepala bidang di Kanwil Kemenag Aceh itu tanpa proses seleksi secara terbuka.

Salain itu, juga terdengar kabar tidak dilakukannya assesment terhadap pejabat yang diamanahkan mengemban posisi penting di daerah.

Saat itu, Iqbal membenarkan bahwa tidak dilakukan proses seleksi terbuka terkait mutasi 13 pejabat tersebut. Alasannya, karena mereka semua di rotasi dalam jabatan yang sama. Semua itu hal yang biasa dalam sebuah organisasi.

"Tidak perlu (seleksi terbuka), karena mereka di rotasi dalam jabatan yang sama. Rotasi dan mutasi itu memang persoalan biasa dalam sebuah organisasi karena itu kebutuhan lembaga," kata Iqbal kepada AJNN, Senin, 27 Juli 2020 lalu.

Iqbal juga menyampaikan, pelantikan kemarin itu merupakan mutasi antar pejabat eselon III yang secara aturan harus dilakukan.

Pemkab Bener Meriah _Ramadhan

Komentar

Loading...