Unduh Aplikasi

Kandidat Partai Aceh Gugat KIP Simeulue Soal Mutasi oleh Calon Petahana

Kandidat Partai Aceh Gugat KIP Simeulue Soal Mutasi oleh Calon Petahana
ilustrasi. Foto: Net

BANDA ACEH – Tim pendukungan pasangan calon bupati dan wakil bupati Simeulue diusung Partai Aceh, Hanura, PBB dan Gerinda; Erly Hasyim dan Afridawati menggugat keputusan KIP Simeulue tentang penetapan calon peserta Pilkada serentak 2017.

Baca: Loloskan Kandidat Diduga Berijazah Palsu, KIP Simeulue Digugat

Pasangan ini menggugat keputusan penyelenggara pemilih tersebut karena menilai calon petahana, yang menjadi turut termohon, yakni pasangan Riswan NS dan Hamdan Amin tidak memenuhi syarat.

“Sebagaimana peraturan, pengajuan sengketa dilakukan tiga hari pasca penetapan calon, dan kami menerima laporan pada Rabu (26/10) lalu,” kata Komisioner Panwaslih Simeulue Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran, Yides Miswadi.

Kuasa hukum pemohon, Karisa kepada AJNN mengatakan, pihaknya menggugat putusan KIP karena Bupati Simeulue Riswan NS diduga telah melanggar pelarangan melakukan penggantian pejabat atau melakukan mutasi enam bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon, sebagaimana diatur dalam pasal 71 ayat (2) UU nomor 10 tahun 2016.

Selain itu, kata dia, Riswan NS diduga masih terlilit hutang saat mendaftar sebagai calon. Riswan baru melunasi hutangnya setelah terbit surat keterangan bebas hutang dari pengadilan.

Sidang perdana dengan agenda mendengar gugatan pemohon telah digelar Selasa kemarin. Selanjutnya Kamis (3/11) besok dilanjutkan sidang kedua dengan agenda mendengar eksepsi dari KIP Simeulue selaku termohon.

Komentar

Loading...