Unduh Aplikasi

Kamis, DKPP Bacakan Putusan Dugaan Anggota KIP Aceh Selatan Terlibat Parpol

Kamis, DKPP Bacakan Putusan Dugaan Anggota KIP Aceh Selatan Terlibat Parpol
Sidang DKPP terkait dugaan pelanggaran kode etik anggota KIP Aceh Selatan

BANDA ACEH - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Republik Indonesia bakal membacakan putusan terkait dugaan salah seorang komisioner Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Selatan, HM Nazir Ali, terlibat dalam partai politik.

Berdasarkan surat panggilan sidang DKPP nomor 2024/DKPP/SJ/PP.00/V/2019 kepada kuasa hukum palapor yakni Askhalani, Rizki Darmawan dan Hendra.

Sidang dengan agenda pembacaan putusan ini akan digelar pada Kamis, 16 Mei 2019 pukul 13.00 WIB di ruang sidang DKPP.

Baca: DKPP Sidangkan Kasus Dugaan Komisioner KIP Aceh Selatan Terlibat Parpol

Sementara itu, kuasa hukum pelapor, Hendra membenarkan bahwa dirinya sudah menerima panggilan sidang dengan agenda pembacaan putusan dari DKPP RI terkait kasus komisioner KIP Aceh Selatan tersebut.

"Iya, hari Kamis sidang mendengarkan putusan dari DKPP, besok rencana kita akan berangkat ke Jakarta," kata Hendra saat dikonfirmasi AJNN, Selasa (14/5).

Hendra berharap, dalam putusan nanti, majelis hakim menyatakan teradu telah melanggar prinsip-prinsip dasar penyelenggara pemilu, melanggar kode etik dan menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap dari jabatan teradu selaku komisioner KIP Aceh Selatan.

Baca: Diduga Terlibat Parpol, Komisioner KIP Aceh Selatan Dilaporkan ke DKPP

"Kita harapkan ketua majelis sidang DKPP untuk memeriksa dan mengadili, serta memutuskan dengan seadil-adilnya," harap Hendra.

Sebelumnya, komisioner KIP Aceh Selatan, HM Nazir Ali dilaporkan ke DKPP RI terkait dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara Pemilu.

Dugaannya, yang bersangkutan merupakan anggota partai politik atau pernah menjadi Calon Legislatif (Caleg) DPRK Aceh Selatan periode 2014-2019 melalui PPP, serta juga Juru Bicara pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Aceh Selatan yaitu H Azwir - Tgk Amran (AZAM) pada Pilkada 2018 lalu.

"Dia (HM Nazir Ali) adalah caleg 2014-2019 dari partai PPP. Kemudian dia juga juru bicara Azam, dan ada SK (Surat Keputusan) nya, Karena itu kita mengambil langkah melaporkannya ke DKPP," tutur pelapor, Zulkifli kepada AJNN, Senin (15/4).

Mengenai laporan tersebut, Nazir Ali menyerahkan sepenuhnya persoalan tersebut ke DKPP, dirinya siap membuktikan bahwa tidak ada pelanggaran ketika proses pencalonan sebagai Komisioner KIP Aceh Selatan, semuanya sudah sesuai prosedur yang ditetapkan.

"Betul atau tidak betul kan pengadilan yang memutuskan, kalau mereka lapor itu hak mereka, nanti akan kami buktikan di pengadilan bahwa kami sudah sesuai dengan prosedur yang ditetapkan," ucap Nazir Ali ketika dikonfirmasi AJNN, Senin (15/4).

iPustakaAceh

Komentar

Loading...