Unduh Aplikasi

Piala Asia U19

Kalah dari Australia, Indonesia tersingkir

Kalah dari Australia, Indonesia tersingkir
Timnas u19, Timnas U19
YANGON- Tim Nasional Indonesia U-19 kembali menelan kekalahan. Berhadapan dengan Australia U-19, Timnas U-19 kalah 0-1 dan imbasnya tersingkir dari Piala Asia U-19.

Pada pertandingan di Stadion Thuwunna, Minggu (12/10/2014), Timnas U-19 tampil lebih banyak menunggu celah dan melepaskan umpan langsung ke daerah lawan di babak pertama. Sebaliknya, Australia lebih mengancam gawang Timnas U-19, namun berkali-kali kiper Ravi Mudianto dan barisan pertahanan.

Australia mendapatkan peluang pertamanya pada menit keempat. Namun, Ravi dengan sigap bisa menangkapnya. Pada menit ke-14, Brandon Borrelo melepasan sepakan, namun sepakannya masih menyamping di sisi gawang Timnas U-19.

Di sisi lapangan yang berseberangan, Timnas U-19 kerap mengandalkan kecepatan pemain untuk menyerang dari sisi sayap. Menjelang babak pertama berakhir, serangan yang dibangun dari sisi sayap kanan nyaris membuahkan peluang untuk Timnas U-19. Tapi, usaha Ilham Udin setelah menusuk masuk dan melepaskan sepakan masih bisa dihalau oleh bek Australia.

Australia kemudian mendapatkan peluang lewat sepakan Jaushua Sotirio. Tetapi, sepakannya dari dalam kotak penalti Timnas U-19 bisa diblok oleh Muhammad Sahrul.

Timnas U-19 membalas lewat serangan balik di ujung babak pertama. Serangan tersebut diakhiri dengan sepakan dari luar kotak penalti yang dilepaskan oleh Paulo Sitanggang. Sial bagi Paulo, sepakannya masih bisa ditangkap kiper Australia, Jordan Thurtell.

Di babak kedua, Timnas U-19 beberapa kali mendapatkan peluang. Namun, beberapa peluang gagal lantaran penyelesaian akhir yang kurang baik dan apiknya performa Thurtell.

Evan Dimas sempat mendapatkan peluang di awal-awal babak kedua. Menusuk dari sisi kiri, Evan dua kali mengelabui bek Australia. Dia kemudian melepaskan umpan datar ke depan gawang Australia, yang sialnya buat Timnas U-19, tidak ada yang menyambutnya.

Timnas U-19 kemudian mendapatkan dua peluang bagus. Yang pertama lewat sepakan keras Muchlis Hadi Ning dari luar kotak penalti, yang kedua lewat sepakan dengan cara yang sama dari Evan. Namun, keduanya gagal lantaran Thurtell dengan sigap mampu menepisnya.

Dari sini, tempo permainan meningkat. Timnas U-19 berkali-kali mengancam pertahanan Australia. Tapi, penyelesaian akhir dan final ball yang kurang apik membuat serangan mereka pupus.

Sebaliknya, pertahanan Timnas U-19 kerap terlihat beberapa kali lowong. Imbasnya, ini dengan mudah dieksploitasi oleh Australia lewat umpan-umpan terobosan.

Sebuah serangan yang dibangun oleh pemain-pemain Australia di menit ke-67 akhirnya berbuah menjadi gol. Jaushua Soritio yang berlari menerobos ruang di tengah pertahanan Timnas U-19 menerima bola. Dia kemudian melakukan tusukan dan melepaskan sepakan datar ke tiang jauh. Australia unggul 1-0.

Australia kemudian beberapa kali mendapatkan peluang lagi, dan tempo permainan Timnas U-19 mendadak menurun. Ini membuat Evan dkk. kian sulit untuk membongkar pertahanan Australia.

Sampai injury time empat menit pun, Timnas U-19 gagal mencetak gol penyama kedudukan. Akhirnya, mereka pun kalah 0-1.

DETIK

Komentar

Loading...