Unduh Aplikasi

Kakanwil Kemenag Aceh: Nikah di Kantor KUA Gratis

Kakanwil Kemenag Aceh: Nikah di Kantor KUA Gratis
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Daud Pakeh

BANDA ACEH - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh Daud Pakeh, mengajak jajaran Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan dalam Provinsi Aceh untuk berkomintmen dalam pemberantasan pungutan liar (PUNGLI).

Hal ini disampaikan Kakanwil saat membuka Rapat Koordinasi KUA se Aceh di Asrama Haji Embarkasi Aceh Banda Aceh, Senin (28/11) malam yang di hadiri oleh Seluruh Kepala KUA Kecamatan dalam Provinsi Aceh, Kasi Bimas Islam dan Penyelenggara Kantor Kemenag Kabupaten/Kota.

“Baru-baru ini Presiden Joko Widodo menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar, yang lebih dikenal Saber Pungli, Mari kita dukung dan kita lawan segala bentuk pungli di tempat kita bertugas,” ujar Daud Pakeh

Selain itu, ia mengajak peserta Rakor KUA Se-Aceh untuk berpedoman kepada ketentuan dan peraturan yang berlaku dalam pencatatan pernikahan di Kantor KUA dan luar KUA sehingga tidak adalagi pungutan-pungutan yang terjadi di KUA.

“Pedomani aturannya dalam PP 48 Tahun 2014 yang telah direvisi menjadi PP No 19 Tahun 2015 jelas dikatakan bahwa pencatatan nikah di kantor adalah 0 rupiah alias tidak bayar atau gratis dan untuk pencatatan di luar KUA bayar Rp 600 ribu rupiah di setor ke Bank yang telah ditentukan oleh Negara, tidak boleh lebih, mari cegah pungli," tegas Daud Pakeh.

Selain itu, Kakanwil juga mengajak semua jajarannya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan mencegah segala bentuk upaya pungutan liar walau sepeserpun.

Kakanwil Kemenag Aceh juga memandang Rapat Koordinasi itu penting dilakukan dan harus mampu melahirkan rekomendasi untuk ditindak lanjuti di tempat tugas masing-masing.

"Kalau ada kendala dan belum sinergi, ini belum lahir Koordinasi, maka melalui moment ini manfaatkan sebaik mungkin untuk melahirkan keseragman dalam pelaksanaan," ujar Kakanwil.

Dalam Pembukaan Rakor tersebut hadir, Kabag Tata Usaha Kanwil Kemenag Aceh, Asy'ari, Kabid Urais dan Binsyar, Hamdan, Ka Subbag Perencanaan dan Keuangan Saifuddin, Kasubbag Inmas Rusli, dan Seluruh Kasi Bimas Islam, Penyelenggara Syariah Kemenag Kabupaten/Kota.

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Se-Provinsi Aceh, Kepala Seksi Bimas Islam dan Penyelenggara Syariah Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota menandatangi Pakta Integritas Komitmen Pembrantasan Pungutan Liar (PUNGLI) sebagai Bentuk Komitmen Jajaran KUA dalam Pembrantasan pungutan liar.

Penandatangan tersebut dilakukan pada saat Rapat Koordinasi Kepala kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Se-provinsi Aceh tahun 2016 di Asrama Haji Embarkasi Aceh Banda Aceh, Senin (28/11) malam yang diawali oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh dan dilanjutkan oleh Kasi Bimas Islam, Penyelenggara Syariah Kankemenag Kabupaten/Kota dan epala KUA Kecamatan se Provinsi Aceh.

Penandatangan fakta Integritas Komitmen Pemberantasan pungutan liar di lingkungan Kementerian Agama itu dilakukan secara bersama-sama diatas spanduk yang telah disediakan panitia dengan cara membubuhi tandatangan serta menuliskan nama masing-masing sebagai bentuk komitmen bersama memberantas pungutan liar.

Komentar

Loading...