Unduh Aplikasi

Kajari Pidie Jaya Komit Tindak Pelaku Korupsi

Kajari Pidie Jaya Komit Tindak Pelaku Korupsi
Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya, Abdul Muin, SH

PIDIE JAYA - Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya, Abdul Muin, SH memastikan akan menindak siapa saja yang secara kongkrit terbukti merugikan keuangan negara dalam melaksanakan program pembangunan daerah.

"Sesuai dengan intruksi Presiden, saat ini di kejaksaan ada Tim Pengendalian, Pengawasan Percepatan Pembangunan (TP4D) untuk mengawal dan mendampingi pemerintah daerah dalam melaksanakan kegiatan pembangunan," kata Abdul Muin

Dikatakannya, TP4D kejakasaan akan membarikan pendampingan dan pemahaman-pemahaman hukum kepada Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) progaram pembangunan daerah mulai dari perencanaan awal kegiatan hingga pelaporan. Namun Kejari tetap akan menindak sesuai dengan hukum jika ada pejabat yang masih membangkang.

"Penegakan hukum bukan hanya dilihat dari sisi penindakannya saja, tapi juga upaya pencegahan merupakan bagian dari penegakan hukum itu. Tapi kita dari kejaksaan, tetap akan melakukan penindakan terhadap pejabat atau siapapun yang membandel setelah kita melakukan pendampingan," tegasnya.

Tahun 2016 ini, kata dia, terdapat sejumlah kegiatan pembagunan di Kabupaten Pidie Jaya yang menurut Kajari Meureudu ini pembangunan yang sifatnya sia-sia.

"Upaya pencegahan tindak pidana korupsi yang kemungkinan dilakukan dalam melaksanakan kegiatan pembangunan daerah oleh pejabat-pejabat di daerah, peran inspektoran akan lebih di optimalkan. Dan kejaksaan akan masuk, bila terdapat perbuatan yang melanggar hukum dan kerugian negara yang kongkrit dan nyata sesuai dengan aturan hukum yang berlaku, kita akan menindak. Siapapun itu," kata Abdul Muin.

Komentar

Loading...