Unduh Aplikasi

Kadis Sosial Aceh Antar Jenazah Zubir ke Rumah Duka

Kadis Sosial Aceh Antar Jenazah Zubir ke Rumah Duka
Jenazah Zubir tiba di rumah duka di Aceh Jaya. Foto: Fauzul Husni

ACEH JAYA - Kepala Dinas Sosial Aceh Alhudri mengantar langsung jenaza Muhammad Zubir (30) ke rumah duka di Desa Babah Ie, Kecamatan Jaya, Aceh Jaya, Senin (30/10) pukul 23.30 WIB. Muhammad Zubir merupakan TKI asal Aceh yang ditembak di Malaysia.

Pemulangan jenazah turut didampingi anggota DPD RI Asal Aceh H. Sudirman alias Haji Uma, BNP2TKI, Bupati dan Wakil Bupati Aceh Jaya T. Irfan TB-Tgk Yusri S.

Jenazah tiba di Aceh sekitar pukul 20.40 WIB melalui Bandara Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar. Almarhum diterbangkan menggunakan pesawat Garuda Indonesia dari Kuala Lumpur ke Jakarta dan selanjutnya ke Aceh.

Kepala Dinas Sosial Aceh mengatakan Pemerintah Aceh setelah mendapatkan kabar adanya korban penembakan warga Aceh langsung berkomunikasi dengan pihak KJRI di Malaysia. Gubernur Aceh Irwandi Yusuf langsung memerintahkannya untuk segera memulangkan jenazah tersebut ke Aceh.

"Berkat kerja sama yang baik akhirnya jenazah bisa kita pulangkan ke Aceh. Saya mewakili Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh datang kesini untuk mengantarkan langsung jenazah ini ke keluarga," kata Alhudri.

Baca: Jenazah Korban Penembakan di Malaysia Tiba di Aceh

Selain itu, kata Alhudri, Pemerintah Aceh mengawal proses penyelidikan kasus penembakan yang menewaskan warga Aceh ini. Ia selaku warga Aceh tidak menerima atas meninggalnya Muhammad Zubir.

"Kami akan kawal kasus ini sampai pelaku di hukum, nanti apapun informasi akan kami sampaikan ke pihak keluarga. Kita berharap kasus serupa tidak terulang lagi, kasus ini menyangkut dengan nyawa seseorang dan berharap para tersangka dapat dihukum sesuai dengan hukum berlaku disana," ujarnya.

Mengenai Syahrul Ramadhan, adik almarhum Zubir yang saat ini masih berada di Malaysia karena masih dilakukan penyelidikan, Pemerintah Aceh berjanji akan segera memulangkan ke Aceh usai dilakukan pemeriksaan.

"Kami sedang menunggu informasi lebih lanjut, yang jelas kami akan kawal kasus ini, keluarga jangan gundah, Syahrul akan segera kami pulangkan ke Aceh," ujarnya.

Kadis Sosial Aceh Alhudri ketika menyerahkan jenazah M.Zubir ke keluarga. Foto: Fauzul Husni

Ia menjelaskan, Kepolisian Malaysia hinggi kini masih membutuhkan keterangan Syahrul yang menjadi saksi dalam kasus penembakan itu, agar otak penembakan terhadap Muhammad Zubir bisa cepat diungkap.

"Setelah selesai akan segera kami pulangkan," katanya.

Selain itu, kata Alhudri, Pemerintah Aceh turut belang sungkawa atas meninggalnya Muhammad Zubir, semoga keluarga ditinggalkan tetap tabah atas musibah tersebut.

"Untuk fardhu kifayah sudah dilakukan di Malaysia, tapi kalau keluarga mau mengsalatkan tidak masalah, karena biasanya kalau jenazah dipulangkan ke Aceh sudah duluan di fardhu kifayah kan disana," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Aceh Jaya, T. Irfan TB mengucapkan mengucapkan terima kasih pada pihak Pemerintah Aceh, Dinas Sosial Aceh, KJRI dan semua pihak yang telah membantu memulangkan jenazah salah satu masyarakat Aceh Jaya yang terkena musibah di Malaysia.

"Ini merupakan sebuah pembelajaran yang berharga, kasus seperti semoga tidak terulang lagi kepada saudara kita yang masih di luar negeri dan berharap pada masyarakat Aceh Jaya yang ingin bekerja keluar Negeri agar dipersiapkan dokumennya dengan jelas yang legal sehingga tidak menyulitkan disaat mencari kerja dan tidak bermasalah di kemudian hari," ujarnya.

Pantauan AJNN, usai menyerahkan jenazah kepada pihak keluarga, Kadis Sosial Aceh Alhudri bersama bupati, wakil bupati, kapolres, Haji Uma menggelar pertemuan tertutup. Tidak diketahui apa yang dibahas dalam pertemuan itu. Pertemuan sendiri berlangsung hampir satu jam lebih.

Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...