Unduh Aplikasi

Kadis PUPR Pidie: Irigasi di Kecamatan Sakti Kewenangan BWS Sumatera I

Kadis PUPR Pidie: Irigasi di Kecamatan Sakti Kewenangan BWS Sumatera I
Kondisi saluran irigasi yang jebol. Foto: AJNN/Salman.

PIDIE - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Pidie Samsul Bahri mengaku sudah meninjau ke lokasi jebol tanggul irigasi akibat diterjang arus air deras di Gampoeng Tangkueng, Kecamatan Sakti setelah menerima laporan dari masyarakat. 

"Benar memang tanggul irigasi telah jebol diterjang arus air akibat diguyur hujan deras selama beberapa hari," kata Kadis PUPR Pidie Samsul Bahri dikonfirmasi AJNN, Sabtu (19/12). 

Baca juga: Tanggul Irigasi di Kecamatan Sakti Kembali Jebol, Petani Krisis Air

Samsul mengantarkan, untuk penanganan tanggul irigasi yang telah jebol merupakan kewenangan pihak Balai Wilayah Sungai Sumatera I, namun demikian pihaknya telah menyampaikan kondisi tersebut untuk ditangani. 

"Telah kita sampaikan kepada pihak Balai Wilayah Sungai Sumatera, dan informasi yang kita terima pada pekan lalu pihak Balai bersama Dinas Pengairan Aceh telah melakukan rapat terkait penangan tanggul irigasi tersebut namun apa hasil rapat mereka kita belum tahu," ujarnya. 

Dia menambahkan, beberapa bulan lalu pintu irigasi tersebut juga rusak parah akibat diterjang arus, namun telah ditangani bersama secara darurat oleh pihak Balai Wilayah Sungai Sumatera I, Dinas Pengairan Aceh dan Dinas PUPR Pidie. Penanganan sementara yang dilakukan yaitu dengan memasang material kawat bronjong.

"Kondisi kawat bronjong masih utuh, hanya tanggul di samping bronjong yang jebol," kata Samsul.

Komentar

Loading...