Unduh Aplikasi

UNBK DINILAI DIPAKSAKAN

Kadis Pendidikan Aceh: Itu Petunjuk dan Arahan Kementerian

Kadis Pendidikan Aceh: Itu Petunjuk dan Arahan Kementerian
Kepala Dinas Pendidikan Aceh Syaridin. Foto: Ist

BANDA ACEH - Kepala Dinas Pendidikan Aceh Syaridin, mengomentari terkait pernyataan Kepala Ombudsman RI Perwakilan Aceh, Taqwaddin yang menilai Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat di Aceh terkesan dipaksakan.

Syaridin membantah pernyataan Taqwaddin yang menilai UNBK terkesan dipaksakan. Pasalnya UNBK itu merupakan petunjuk dan arahan dari kementerian.

"Itu petunjuk dan arahan dari kementerian, bukan kita yang memaksakan," kata Syaridin kepada AJNN, Rabu (3/4).

Selain itu, Syaridin menjelaskan UNBK dapat dilakukan di sekolah sendiri dan dapat bergabung pada sekolah lain. Sekolah yang tersedia cukup komputer dan memiliki jaringan internet melaksanakan sendiri.

"Yang tidak tersedia cukup komputer dan tidak ada jaringan internet dapat bergabung pada sekolah lain atau memakai fasilitas dari sekolah lain yang terdekat," jelas Syaridin.

Baca: UNBK di Aceh Terkesan Dipaksakan, dan Ada Pejabat Langgar Aturan

Ia juga mengungkapkan persyaratan untuk saat ini dikatakan memenuhi syarat UNBK apabila sekolah memiliki minimal sepertiga jumlah komputer dibandingkan jumlah peserta ujian.

"Dan sekolah saling mendukung, maksudnya pada saat ujian SMK bagi sekolah yang kekurangan komputer, maka SMA, MA, SMP dan MTs yang berdekatan wajib mendukung dan membatu. Begitu juga pada saat ujian sebaliknya," ujarnya.

Untuk itu, kata Syaridin, pihaknya terus meningkatkan komputer-kompueter ke sekolah-sekolah secara bertahap.

"Kami terus meningkatkan komputer ke sekolah-sekolah secara bertahap pada setiap tahun," kata mantan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh itu.

iPustakaAceh

Komentar

Loading...