Unduh Aplikasi

Kadis Pendidikan Aceh Barat, Kekerasan Pelajar Akibat Kelalaian Guru

ACEH BARAT - Kepala Dinas Pendidikan Aceh Barat, Muslim Raden mengatakan, dugaan kekerasan terhadap junior yang dilakukan oleh senior itu disebabkan karena siswa junior telah melanggar disiplin.

"Informasi yang saya peroleh dari pihak sekolah SMU Negeri 4 Wira Bangsa Meulaboh seperti itu, junior telah melanggar kedisiplinan, sehingga membuat senior terpaksa mengambil tindakan," kata Muslim Raden kepada AJNN, Senin (26/10).

Namun demikian, menurutnya, secara aturan siswa tidak berhak mengambil tindakan atas sikap indisipliner seorang siswa, peran tersebut harusnya dilakukan oleh pihak sekolah.

"Ini yang kita sesalkan harusnya jika indisipliner harusnya ada bidang kesiswaan yang mengambil tindakan, bukan siswa hukum siswa," jelasnya.

Muslim menjelaskan, hasil informasi yang diterima, tidak ada kekerasan dalam kasus tersebut, tapi siswa senior hanya memegang bagian belakang leher korban sambil membelai-belainya. Pihak sekolah baru mengetahuinya peristiwa tersebut, Minggu (25/10) sore, usia kegiatan latihan kepemimpinan disekolah itu.

"Pihak sekolah sudah melakukan penyelidikan. Tadi siang saya juga sudah ke sekolah tersebut," ungkapnya

Kasus tersebut, kata Muslim, merupakan akibat dari kelalaian pihak penjaga asrama maupun guru piket sekolah. Seharusnya, pihak sekolah harus melakukan pengawasan secara ketat.

"Kami belum bisa mengambil sikap terkait sanksi yang akan diberikan kepada sekolah," imbuhnya

Ia berharap kasus tersebut bisa diselesaikan secara kekeluargaan dan tidak sampai keranah hukum.

"Seharusnya mereka tidak langsung melapor dulu kepolisi, tapi sampaikan dulu kesekolah dan diselesaikan secara berunding. Kasus ini cukup yang pertama dan terakhir, jangan sampai terulang," harapnya.

|DARMANSYAH MUDA

Komentar

Loading...