Unduh Aplikasi

Kadis Parpora Aceh Tengah: Sebelum Tugu Kopi Dibangun, Kami Sudah Bertemu Pemilik Tanah

Kadis Parpora Aceh Tengah: Sebelum Tugu Kopi Dibangun, Kami Sudah Bertemu Pemilik Tanah
Kadis Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Parpora) Aceh Tengah, Jumadil Enka. Foto: AJNN/Razikin Akbar.

ACEH TENGAH - Kadis Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Parpora) Aceh Tengah, Jumadil Enka mengungkapkan bahwa pihaknya sudah berkomunikasi dengan pemilik akun facebook "Suryadi Adi" yang berada di Jakarta, terkait dugaan penyerobotan tanah yang diklaim miliknya untuk pembangunan tugu kopi Gayo di Aceh Tengah.

Selain itu menurutnya, sebelum tugu kopi dibangun di lokasi tersebut, disana sudah ada pos perhubungan milik pemerintah daerah. Kemudian menurut Jumadil, sebelum pembangunan tugu kopi, pihaknya turun ke lapangan didampingi oleh ahli waris (pemilik tanah) yang tidak lain adalah keponakan Suryadi untuk menentukan titik dan batas.

"Keponakan Suryadi ini anak dari Almarhum Rustam Efendi, "ujar Jumadil Enka kepada AJNN, Selasa (26/1/2021) di Takengon.

"Kita juga sudah berkomunikasi dengan bapak Suryadi yang berada di Jakarta dan sudah menyepakati mediasi terkait hal ini, namun kita belum punya kesempatan untuk bertemu," tambah Jumadil.

Baca: Terkait Pembangunan Tugu Kopi Gayo, Ini Tanggapan Ketua DPRK Aceh Tengah

Saat  AJNN menanyakan sumber anggaran yang digunakan untuk pembangunan tugu kopi tersebut, Jumadil mengatakan bahwa dana pembangunan tugu tersebut terutama untuk pembebasan tanah, mengunakan anggaran dari kabupaten, sedangkan untuk bangunannya sendiri mengunakan anggaran dari Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) tahun 2020.

Menjawab kontroversi terkait bentuk dan posisi pembangunan tugu kopi yang dinilai masyarakat kurang elok, karena ada tiang listrik yang bisa membahayakan masyarakat, Jumadil menyampaikan bahwa pihaknya sudah menyurati PLN untuk memindahkan tiang listrik yang berada di sela-sela bangunan tugu tersebut.

"Namun karena tegangannya cukup tinggi, pihak PLN harus ekstra hati-hati," ujar Jumadil.

Sebelumnya dugaan penyerobotan tanah yang dilakukan Pemkab Aceh Tengah untuk pembangunan tugu kopi Gayo sempat viral. Hal tersebut berawal dari pengakuan akun pengguna Facebook atas nama "Suryadi Adi" melalui status Facebook yang mengaku Pemkab Aceh Tengah telah membangun Tugu Kopi di atas tanah miliknya.

RAZIKIN AKBAR

Komentar

Loading...